Review Rank Math: Plugin Seo WordPress vs Yoast Seo

Diposting pada

Jika saat ini, kalian ditanya sebagai pengguna CMS wordpress, Plugin SEO gratis terbaik apa saat ini?, pasti banyak dari kalian yang akan menjawab Yoast Seo. Tapi, tahukah kalian. Saat ini, ada satu plugin yang digadang-gadang bakal menggeser posisi yoast seo. Plugin tersebut bernama Rank Math.

Rank Math pertama kali di rilis kepada publik pada bulan November 2018, sejak perilisannya tersebut, Rank Math mulai banyak dikenal dan digunakan oleh para blogger yang berbasis CMS WordPress. Bukan hanya itu, perkembangan Rank Math terus melesat karna banyak dari blogger yang merekomendasi plugin yang satu ini.

Sampai pada puncaknya, ketika ahrefs, salah satu web partisipasi seo yang terkenal, melalui channel youtubenya. Mengeluarkan video, rekomendasi seo plugin pada wordpress dan menjadikan Rank Math sebagai nomor satunya.

Jadi, setelah mengetahui perjalan rank math, apa itu rank math? Dan apa saja keunggulannya dibandingkan Yoast Seo.

Apa Itu Rank Math?

Rank Math adalah plugin seo wordpress untuk meningkatkan skor seo blog secara maksimal, melalui teknik seo on-page maupun off-page. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

Dibuat oleh dari salah satu developer dari MyThemeShop. Rank Math, rilis pertama kali pada bulan November 2018, dengan memulai nama versi v1.0.0, hingga sampai pada saat ini (18/03/20) sudah pada versi ke 1.0.40.

 

Keunggulan Rank Math Dibandingkan Yoast Seo

Digadang-gadang akan menggeser posisi Yoast Seo, sebagai plugin Seo no 1 di wordpress. Maka, paling cocok kalau Rank Math kita bandingkan dengan Yoast Seo, sebagai pemegang tahta.

Note: Perbandingan ini melihat dari fitur-fitur yang tersedia di rank math vs Yoast Seo versi Free. Mengingat rank math pada saat ini tidak mengenakan biaya untuk penggunaan semua fitur di pluginnya.

 

1. Seo Analisis yang Lengkap

Review Rank Math Indonesia

Pada bagian seo Post analisis, rank math, memiliki banyak point perhitungan skor seo yang harus dilalui. Setidaknya ada sekitar 20 poin, pada yoast seo versi free, tidak ditunjukan secara langsung point-point apa yang harus dipenuhi.

Dengan bantuan 20 poin tersebut, membuat penulisan semakin terarah dalam teknik seo serta tanpa harus mengurangi kualitas tulisan. Karna, dalam beberapa poin, penulis diwajibkan untuk menanam sumber referensi ataupun panjang artikel minimal 600 kata, agar pembaca mendapat informasi yang secara lengkap.

 

2. 5 Target Keyword

Review Rank Math Indonesia

Salah satu cara agar mengetahui tulisan sudah cukup seo, bisa dilihat dari kepadatan kata kunci (keyword) yang baik, hal tersebut agar mesin perncari bisa dengan dengan mudah menentukan niche ataupun topik utama yang sedang dibahas.

Yoast, membatasi user free hanya untuk beberapa fokus keyword, sedangkan Rank Math memberikan keluasaan sampai dengan 5 fokus keyword.

 

3. Integrasi ke Google Search Console

Review Rank Math Indonesia

Dengan fitur ini, tidak perlu harus bolak-balik membuka google search console untuk melihat statistik performa blog di Google. Selain itu, terdapat Analisis Pencarian yang menentukan keyword apa saja yang memunculkan blog di google. Dan berbagai fitur lainnya.

 

4. SEO Analisis Skor

Dengan fitur ini, kalian tidak perlu menggunakan service web seo skore, karena rank math sudah menanamkannya pada pluginnya.

Dalam perhitungannya, rank math menggunakan 40 faktor, mulai dari keyword yang sering muncul, Penamaan heading, ALT gambar sampai pada integrasi pada social media lainnya.

 

5. Automated Image SEO

Salah satu faktor seo on-page, yaitu penamaan gambar melalui Atribut ALT tag. Penambahan atibut ALT pada gambar akan memudahkan mesin pencari (Google Image, Bing Image, dll) mengetahui gambar apa yang di upload di blog.

Auto Image SEO secara otomatis akan menambahkan ALT Tag pada gambar sesuai dengan keyword ataupun niche yang ada pada blog. Untuk mengaktifkannya silahkan buka Plugin Rank Math > Pengaturan Umum > Gambar

 

6. Advanced 404 Monitor

Biasanya, jika ingin memonitor halaman mana saja yang mendapat error 404. Diperlukannya plugin tambahan, tentu saja itu bukan hal yang bagus, karna akan memakan lebih banyak resource server dan berimbas kepada kecepatan blog, yang tentu akan mempengaruhi skor seo blog kalian.

Fitu ini bisa kalian aktifkan pada. Rank Math > Pengaturan Umum > Monitor 404

 

7. Redirection Type

Kalau sudah mengaktifkan monitor 404, rasanya kurang pas jika halaman yang error tersebut hanya dibiarkan, untuk itu diperlukannya redirection, agar para pembaca bisa diarahkan pada halaman tertentu.

Rank math setidaknya memiliki 4 tipe redirection. Yaitu, 301, 302, 307, 410, 451. Untuk mengaktifkan silahkan klik Rank Math > Pengaturan Umum > Alihkan Lampiran.

Lalu, silahkan masukan tujuan redirectnya pada kolom Redirect Orphan Attachments .

 

8. 16 Google Schema Markup Types

Bukan Cuma 4 atau 5, Rank Math memiliki setidaknya 16 Google Schema Markup. Dengan schema markup akan memudahkan mesin pencari, khususnya tipe post apa yang di publikasi. Conothnya, bisa berupa Review, Video, Foto, Artikel sampai dengan 12 Schema Markup lainnya.

 

9. Nofollow Links

Ingin skor blog kalian tidak di share ke link blog eksternal yang terdapat di dalam blog. Kalian bisa menggunakan fitur ini tanpa harus menggunakan plugin tambahan.

Lebih kerennya lagi, bukan hanya support pada link, fitur tersebut bisa diaktifkan pada gambar eksternal. Yang tentunya jarang plugin khusus Nofollow yang memiliki fitur tersebut.

 

10. Support Bahasa Indonesia

Plugin rank math bisa dibilang merupakan pendatang baru. Tapi, mereka setidaknya sudah support 11 bahasa (sejak postingan ini dibuat). Salah satunya indonesia.

Dengan supportnya bahasa indonesia, kalian yang belum fasih berbasa asing tentu akan sangat dimudahkan dalam memahasi setiap fitur yang ada, dan tentunya akan lebih mudah mengoperasikannya.

 

11. Ukuran yang Kecil

Walaupun memiliki lebih banyak fitur dibandingkan yoast seo free. Rank math memiliki ukuran plugin yang lebih kecil, yaitu hanya 8.5 MB sedangkan yoast free yang memiliki fitur lebih sedikit, mempunyai ukuran lebih dari 26 MB.

Begitu juga untuk perbandingan panjang baris code, rank math memiliki 32 ribu baris kode, sedangakn yoast seo free ada 95 ribu baris kode.

Dengan perbandinga diatas, setidaknya penggunaan resourse server bisa lebih ditekan, khsusnya dalam hal storage dan lain sebagainya.

12. Memiliki Team Support

Jika sudah memiliki banya fitur. Tapi, Suport yang kurang, pasti hal tersebut akan sangat disayangkan, apalagi rank math merupakan plugin yang belum lama rilis, dan tentu saja akan ada beberapa bug yang akan muncul.

Untuk itu rank math, secara official membuka supportnya pada social media facebook. Melalui grup support tersebut, kalian bisa melaporkan bug ataupun beberapa masukan yang secara cepat akan ditangap oleh adminya.

Untuk link grup facebooknya -> https://www.facebook.com/groups/rankmathseopluginwordpress/

 

Itulah beberapa kelebihan Rank Math dibandingkan Yoast SEO Free, jika dibandingkan mealui fitur-fiturnya. Jujur saat ini griyapc memakai plugin rank math, dan sejauh ini tidak ada maslah yang dihadapi dan saya segabai admin cukup nyaman memakainya.

Sebenarnya masih banya fitur rank math yang tidak dimasukan di tulisan ini, dikarekan terbatasnya waktu serta terlalu banyaknya fitur tersebut. Yang tidak mungkin akan dibahas satu-persatu.

Disi lain, rank math saat ini sedang akan menambahkan beberapa fitur lainnya, seperti, Google Webmaster Central Integration, Keyword Comparison & Google Trends Tool. Jadi, di tunggu saja.

 

Penutup

Sebagai salah satu plugin seo gratis terbaik, rank math memang memiliki kesempatan besar untuk menggerser posisi yoast seo. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya fitur yang tersedia. Tapi, dari banyaknya fitur tersebut, tidak semua diapakai oleh para blogger dan akan terasa sangat mubasir jika tidak menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *