3 Cara Menghilangkan Iklan Pop-up dan Malware di PC

3 Cara Menghilangkan Iklan Pop-up dan Malware di PC

Diposting pada

Pernakah kalian mengalami browser pada komputer pc secara tiba-tiba terbuka dan langsung mengarahkan pada link tertentu, ataupun browser kalian tiba-tiba muncul pop-up dan membuka link tertentu tanpa melakukan apapun. Jika kalan sering mengalami maka harus dicurigai kalau pc sudah terinfeksi malware, yang artinya sudah saatnya untuk menghapus iklan di pc tersebut.

Malware atau iklan perusak, seperti pop-up atau jenis iklan yang tidak di inginkan lainnya. Sering menginfeksi komputer atau laptop pengguna internet setiap harinya.

Biasanya, malware secara tidak sengaja terdownload oleh user saat sedang berselancar di internet. Ataupun mendownload program ilegal yang sudah dimodifikasi dengan penambahan malware didalamnya.

Seringkali, malware terinstal pada browser komputer ataupun program lain pada windows yang berformat .exe. Untuk itu, sebelum bertambah parah, ada baiknya secara cepat menghilangkan iklan tersebut. Seperti, pada cara dibawah ini:

 

3 Cara Menghilangkan Iklan Pop-up dan Malware di PC

Iklan jenis malware seringnya bersarang pada browser, karna banyak malware yang berbentuk plugin browser ataupun extensi browser lainnya, selain itu malware terkadang berada pada program (aplikasi) windows yang bisa dihapus sebagai berikut:

Menghapus Iklan di Google Chrome

Menghapus Iklan di Google Chrome

Google chrome sebagai perambatan browser yang paling banyak digunakan di dunia menjadi target utama pembuat malware. Untuk itu, google sebagai pembuat google sudah menyiap cara khusus untuk mengatasi hal tersebut dengan 2 cara, yaitu:

  • Menghapus Program yang tidak di inginkan

  1. Buka Chrome.
  2. Di bagian kanan atas, klik Lainnya Lainnya lalu Setelan.
  3. Di bagian bawah, klik Lanjutan.
  4. Di bagian “Setel ulang dan bersihkan”, klik Bersihkan komputer.
  5. Klik Cari.
  6. Jika diminta untuk menghapus software yang tidak diinginkan, klik Hapus. Anda mungkin diminta untuk me-reboot komputer.

 

  • Ubah ke Setelan Deault Google Chrome

  1. Di komputer, buka Chrome.
  2. Di kanan atas, klik Lainnya Lainnya lalu Setelan.
  3. Di bagian bawah, klik Lanjutan.
    Chromebook, Linux, dan Mac: Pada “Setel Ulang Setelan,” klik Memulihkan setelan ke default aslinya lalu Setel Ulang Setelan.
    Windows: Pada “Setel ulang dan bersihkan”, klik Setel Ulang Setelan lalu Setel Ulang Setelan.

Kedua cara diatas merupakan langkah yang direkomendasikan google untuk menghapus malware yang berada di google chrome.

 

Memakai Aplikasi Malwarebytes AdwCleaner

Memakai Aplikasi Malwarebytes AdwCleaner

Malwarebytes AdwCleaner merupakan aplikasi khusus yang digunakan untuk menghapus segala jenis malware yang menginfeksi komputer. Malwarebytes AdwCleaner akan melakukan scanning pada folder dan file dan akan menginfokan anda, jika ditemukan malware yang bersarang di kompyter.

Untuk cara scanning malwarenya sebagai berikut:

  1. Download dan Instal Malwarebytes AdwCleaner di pc kalian. Setelah instal buka aplikasinya (tutup semua browser supaya aplikasi berjalan secara maksimal)
  2. Lalu, Klik Tombol Scanning yang ada di dalam aplikasinya, Klik OK jika ada pop-up yang muncul.
  3. Setelah proses scanning selesai, AdwCleaner akan menampilkan file-file yang dicurigai, selanjutnya ikuti instruksi AdwCleaner untuk menghapus file tersebut.
  4. Setelah menghapus, kalian akan diminta untuk merestar komputer untuk menyelesaikan prose nomor 3 diatas.

 

Menghapus Menggunakan Antivirus

Menghapus Menggunakan Antivirus
Gambar: pixabay.com

Iklan pop-up ataupun iklan yang tidak diinginkan lainnya, merupakan virus jenis malware. Karna masuk dalam jenis virus, malware akan dihapus oleh antivirus jika terdeteksi.

Kalian bisa menggunakan fitur scaning pada antivirus untuk memindai malware yang ada di komputer. Atau lihat cara menghapus virus di komputer

 

Penutup

Iklan yang sering muncul dengan sendirinya berbentuk pop-up atau bentuk lainnya merupakan kategori virus yang disebut malware. Malware jenis ini akan sangat mengganggu jika terus dibiarkan menginfeksi komputer, dan bisa berakibat lebih buruk jika tidak dengan dihapus. Untuk itu, jika sudah mengalami gelajanya seperti diatas, ada baiknya langsung menggunakan 3 cara diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *