Mengetahui Pemilik Domain

3 Cara Mengetahui Pemilik Domain Atau Situs WEB

Diposting pada

3 Cara Mengetahui Pemilik Domain Atau Situs WEB – Domain adalah nama unik berfungsi sebagai metode identifikasi nama server komputer, dalam penerapannya bisanya berupa web server (situs web) ataupun email server.

Domain sifatnya sangat terbuka, untuk itu, domain bisa dimiliki oleh semua kalangan dengan membayar sejumlah bianya sewa untuk jangkat waktu yang sudah ditentukan serta mengisi beberapa data personal ataupun organisasi sebagai pemilik domain.

Karna terdapatnya “identitas” didomain maka anda bisa mengetahui pemilik nama domain melalui data yang sudah dimasukan pada saat pembelian tersebut.

3 Cara Mengetahui Pemilik Domain

Walaupun beberapa domain bisa dimiliki oleh masyarakat secara bebas, namun, kepemilikannya tidak bersifat anonim, hal tersebut sesuai dengan peraturan UDRP yang keluarkan icann.

1.Mengetahui Melalui Data WHOIS

WHOIS adalah protokol kueri yang banyak digunakan saat ini sebagai basis data untuk menyimpan pengguna terdaftar pada sumber daya internet, termaksud data pengguna terdaftar pada alamat domain.

Whois akan menyimpan data domain melalui data yang dimasukan saat membeli nama domain, data tersebut bisa berupa alamat, nama pengguna (pribadi / organisasi).

Caranya, sebagai berikut:

Sebagai contoh, saya akan melihat data whois pemilik nama domain detik.com dan menggunakan alat pengecek data whois mengunakan situs web who.is.

  1. Ketik pada addres bar : https://who.is/whois/namadomain.com silahkan ganti “namadomain.com” dengan nama domain yang ingin kalian lihat data whoisnya, sebagai contoh, Jika situs detik.com maka menggunakan alamat https://who.is/whois/detik.com
  2. Berikut data whois pada situs detik.com

    Mengetahui Pemilik Domain Melalui WHOIS

Catatan: perlu diingat tidak semua data whois domian bisa dilihat semuanya, dikarenakan beberapa pemilik nama domain menggunakan fitur whois guard, sebuah tool yang digunakan untuk mengenkripsi data whois domian.

2.Melalui Halaman About Situs

Cara mengetahui pemilik domain dan situs web bisa dilihat melalui halaman about ataupun halaman yang berisi informasi sebuah situs / Domain.

Biasanya pada halaman about akan berisikan informasi pemilik nama domain ataupun penulis ataupun staf yang ada di web terkait.

Hamalan about bisa kalian temukan pada menu bagian atas atau bagian bawah web. Sebagai contoh, saya melihat halaman “about” pada web detik.com

  1. Silahlkan cari halaman aboutnya, karena situs detik adalah web berita, maka halaman aboutnya diberi nama Redaksi.

    Mengetahui Pemilik Domain Melalui ABout

  2. Silahkan klik halaman redaksi, untuk melihat penulis dan editor yang bekerja di detik.com

    Mengetahui Pemilik Domain Melalui Redaksi

 

3.Melalui Halaman Kontak Situs

Mengetahui Pemilik Domain Melalui Kontak

Sama halnya dengan halaman about, halaman kontak bisa kalian gunakan sebagai cara megetahui pemilik domain dan situs, hal tersebut bisa kalian terapkan, dikarenakan rata-rata web menediakan halaman kontak pada situsnya.

Caranya, Silahkan kalian cari halaman kontaknya, biasanya akan berada pada menu atas atau bawah web, silahkan klik untuk membukanya.

Selanjutnya, silahkan isi form kontak yang diperlukan dan isi pertanyaan yang ingin anda tanyakan pada pemilik situs web.

Selain pada halaman kontak, anda bisa menanyakannya melalui media sosial situs web yang bersangkutan.

 

Penutup

Domain erat kaitannya dengan situs web, karna domain sering digunakan sebagai nama situs web agar lebih mudah diingat oleh pengunjung, untuk itu. jika ingin mengetahui pemilik nama domain, kalian bisa melihat data whois domain ataupun langsung melalui situs webnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *