Mengatasi Ram Usage Tinggi

7 Cara Mengatasi Ram Usage Tinggi dengan Mengurangi Pemakaian

Diposting pada

Mengatasi Ram Usage Tinggi – Salah satu kelemahan windows dibandingkan sistem operasi lainnya seperti linux dan mac adalah penggunaan (usage) ram yang lumayan tinggi, terkadang, walaupun komputer / laptop baru saja dihidupkan, tanpa membuka aplikasi lainnya, RAM yang terpakai sudah sangat besar.

Hal tersebut, dikarenakan pada sistem operasi windows, termasuk 32 bit dan 64 bit terdapat banyak aplikasi bawaan ataupun aplikasi pendukung lainnya yang secara otomatis aktif ketika laptop dihidupkan, hal tersebut yang menyebabkan banyaknya penggunaan penyimpanan ram yang terpakai saat laptop baru hidup.

Walaupun begitu, tak memungkiri kalau ada penyebab lainnya, sehingga pemakaian ram “terlihat” tidak wajar seperti seharunya.

Melihat Pemakaian RAM

Sebelum mengatasi ram usage yang tinggi, pertama ada baiknya untuk menentukan aplikasi monitoringnya.

Untuk melihat pemakaian ram, anda bisa menggunakan aplikasi bawaan dari windows, yaitu Task Manager, sebagai berikut:

  1. Task Manager Bagian Processes

    Melihat usage ram di task manager
    Dalam aplikasi task manager tadapat beberapa sub tab yang masing-masing memiliki fungsi sebagai monitoring komputer secara real time, untuk melihat penggunaan ram (usage ram), anda bisa melihatnya pada tab Processes lalu ke kolom Memory.

  2. Resource Monitor

    Melihat usage ram di resource monitor
    Sama seperti task manager, resource monitor memperlihatkan permakaian sumber daya di komputer secara real time, hanya saja resource monitor memberikan data penggunaan sumber daya yang lebih lengkap dibandingkan task manager.

    Walaupun kedua aplikasi tersebut menawarkan penyajian data yang berbeda, resource monitor bisa diakses melalui task manager, dikarenakan kedua aplikasinya sudah diintegrasi menjadi monitoring komputer yang bisa diakses sebagai berikut:

    Silahkan buka aplikasi task manager > Performance > Menory > Klik Open Resource Monitor, lalu aplikasinya akan terbuka, silahkan klik tab Memory pada Resource monitor untuk melihat pemakaian ram secara real time.

Baiklah, setelah mengetahui tool apa saja yang bisa digunakan sebagai “pengukurnya”. Saatnya untuk praktenya secara langsung Cara Mengatasi Usage Ram Tinggi di Windows.

Cara mengatasi Usage RAM Tinggi

Selain pada sistem di windowsnya sendiri, penggunaan / pemakaian ram yang tinggi bisa disebabkan oleh virus yang menginfeksi komputer sehingga menyebabkan anomali penggunaan ram yang tinggi serta bisa juga dibabkan oleh penyebab lainnya seperti jumlah penyimpanan di ram yang sedikit.

  1. Cek Virus di Komputer

    Antivirus
    Virus adalah jenis program yang memiliki efek “merusak” entah untuk komputer anda sendiri ataupun dari sisi anda sendiri.

    Virus biasanya diprogram sebagai alat pencuri data di komputer, saat virus menjalankan tugasnya tersebut. virus akan menggunakan resource komputer, tak terkecuali pada penggunaan penyimpanan ram.

    Untuk itu, ada baiknya untuk mengecek virus di komputer secara berkala untuk mencegah masuknya virus komputer.

    Untuk mengek virus, anda bisa menggunakan fitur scan pada antivirus yang ada di komputer, bisa menggunakan Windows Defender ataupun anvirus lainnya seperti norton, avast dan AVG.

  2. Update Windows dan Driver

    Ram usage dengan update driver
    Mengatasi Ram usage tinggi bisa juga dengan mengupdate drive ataupun sistem operasi windows yang anda instal di komputer.

    Biasanya, pada pembaruan windows dan driver adalah versi “lebih baik” dari versi sebelumnya. Pembaruan digunakan untuk menutupi / menambal anomali kerja pada versi sebelumnya, tak terkecuali pada penggunaan resource komputer yang bekerja tidak secara semestinya.

  3. Mengatur Visual Effect

    Visual effect mengurangi penggunaan ram
    Visual effect adalah sebagai aplikasi yang mengatur visualisasi pada komputer dengan mencentang aktif atau non-aktif beberapa efek visual di komputer, hal tersebut berupa shadow (bayangan), transisi, dan jenis animasi lainnya.

    Jenis-jenis visual yang dihasilkan tersebut akan memakan resourse pada penggunaan ram di komputer, untuk itu ada baiknya untuk mengurangi beberapa efek dengan menonaktifkan beberapa animasi yang dirasa tidak perlu di komputer.

    Caranya, Klik kanan pada This PC / Computer > Pilih Properties > Advanced system settings, selanjutnya akan muncul jendela baru, silahkan klik .. pada tab Advanced, lalu akan terbuka jedela Visual Effets.

    Kemudian silahkan hilangkan centang pada beberapa fitur yang tidak dibutuhkan, kemudian klik ok untuk menkonfirmasinya.

  4. Disable Aplikasi Startup

    Mengatasi Ram Usage Tinggi
    Cara mengatasi usage ram tinggi bisa diatasi dengan menonaktifkan / disable aplikasi startup yang berjalan di komputer.

    Aplikasi startup beberapa akan langsung terinstal di komputer ketika menginstal sistem operasi windows. disilain, aplikasi starup bisa berasal dari beberapa aplikasi yang sudah anda instal sebelumnya.

    Biasanya aplikasi startup akan berjalan secara otomatis dilatar belakang komputer walaupun aplikasinya tidak dibuka oleh pengguna laptop. Disi lain, beberapa aplikasi startup tidak terlalu diperlukan di komputer. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menonaktifkan beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu.

    Caranya, Silahkan buka aplikasi task manager > Pilih tab Startup, silahkan klik kanan pada aplikasi yang tidak diperlukan dan pilih Disable.

  5. Unistall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

    Mengatasi Ram Usage dengan uninstal aplikasi
    Apa kalian pernah meninstal aplikasi ataupun game sebelumnya, dan saat ini tidak pernah dibuka ataupun dipakai ? jika ada, maka ada baiknya untuk menghapus aplikasi / game yang dimaksud, agar memberikan ruam RAM pada aplikasi yang benar-benar anda butuhkan saat ini.

    Selain memberikan ruang ram untuk aplikasi lainnya. Menghapus aplikasi / game yang tidak dibutuhkan bisa membuat penyimpanan hard disk / ssd kalian jadi tambah lega.

    Caranya, Silahkan buka Control Panel > Uninstall a program, silahkan klik kanan dan pilih Uninstall pada aplikasi / game yang tidak dibutuhkan.

  6. Menggunakan RAM Cleaner

    Mengatasi Ram Usage dengan ram cleaner
    Kalau tidak ingin repot dengan cara mengatasi usage ram tinggi dengan cara manual diatas, mungkin anda bisa menggunakan aplikasi ram cleaner.

    Hal tersebut, dikarenakan penggunaannya yang mudah, hanya dengan sekali kli. aplikasi ram cleaner bisa mengurangi jumlah pemakaian ram dengan secara signifikan.

    Aplikasi ram cleaner bekerja dengan cara menonaktifkan aplikasi yang tidak dibutuhkan (diam) dan akan mengaktifkannya kembali, jika aplikasi dibutuhkan.

    Beberapa aplikasi yang cleaner yang direkomendasikan adalah Wise Memory Optimizer, Ram Cleaner dari Avira dan RAMrush dan Fcleaner.

  7. Upgrade RAM

    Bagian Hardware Komputer RAM
    Cara ini merupakan cara terakhir, setelah menggunakan 6 cara diatas dan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan.

    Terkadang, penggunaan ram yang tinggi bisa disebabkan oleh jumlah ruang penyimpanan ram yang kurang besar untuk menampung / menjalankan sistem operasi windows serta aktivitas / pekerjaan di komputer.

 

Penutup

Penggunaan / usage ram yang tinggi saat komputer baru saja dihidupkan bisa dibabkan oleh aplikasi default dari windows yang secara otomatis berjalan ketika dihidupkan. Walaupun beberapa aplikasinya dibutuhkan untuk beberapa proses di windows, ternyata ada juga beberapa aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan (bisa berjalan tanpa aplikasi default).

Selain pada aplikasi windows sendiri, penyebab usage ram yang tinggi bisa disebabkan oleh infeksi virus di komputer dan berbagai macam lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *