Cara Mengatasi Komputer Hang Not responding

Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Not Responding

Diposting pada

Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Not Responding – Saat sedang asik browsing ataupun bermain game di komputer secara tiba-tiba aplikasi / game mengalami hang disusun dengan pembertahuan aplikasi not responding. Jika pernah mengalaminya, tentu hal tersebut akan sangat menyebalkan, apalagi ketika sedang asik-asiknya bermain game.

Seringnya, penyebab munculnya masalah komputer hal dengan notif not responding, dikaitkan akan penggunaan resourse (sumber daya) komputer melebihi kapasistasnya.

Selain itu, ada juga beberapa penyebab external lainnya yang perlu anda ketahui untuk mencari cara Cara Mengatasi Komputer Hang Macet Not Responding.

Penyebab Komputer Hang

Penyebab komputer hang atau not responding bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti beberapa contoh dibawah ini.

  • Terinfeksi Virus, Virus adalah program “perusak” di komputer. Sebagian besar virus bekerja untuk mengumpulkan data pengguna komputer/laptop. Saat virus mengumpulkan data, virus akan menggunakan resourse komputer. Sebagai contoh dari 100% resource, virus menggunakan 30% resource untuk mengumpulkan data. Sehingga pengguna komputer hanya dapat memakai 70% resource. Hingga menyebabkan “ruang gerak” user komputer menjadi lebih kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan program menjadi hang.Untuk itu ada baiknya untuk segera menghapus virus komputer agar bisa menggunakan resource komputer secara maksimal.
  • OS Windows / Aplikasi yang Bermasalah, Menjalankan aplikasi ataupun sistem operasi (versi windows) yang tidak kompatibel dengan minimum spesifikasi yang butuhkan, hal tersebut dapat menyebabkan komputer sering mengalami hang.Disisi lain, penggunaan windows bajakan serta aplikasi bajakan dapat memperbesar terjadinya hang di komputer. Seringgnya os dan aplikasi bajakan sering mengalami masalah di komputer hal tersebut bisa berupa file yang korup ataupun perubahan lainnya yang dilakukan oleh pembajak.
  • RAM, CPU dan HARD Disk yang penuh, Tak memungkiri, jika terjadinya hang atau not responding di komputer dikarenakan penggunaan hardware yang sudah melebihi kapasitasnya.Masing-masing hardware pada komputer saling mendukung satu sama lain, jika salah satu hardware menjalankan tugas diatas kemampuannya, maka akan memperngaruhi kinerja hardware yang lain. bagi pengguna hard disk, setidaknya bisa meningkatkan performa hard disk dengan menghapus file sampah pc ataupun menjalankan Defrag untuk menghilangkan fragmentasi di hard disk.

 

Mengatasi Komputer Hang

Microsoft sebagai pendiri windows sebenarnya sudah membuat beberapa jalan keluar jika anda sebagai user mengalami komputer not responding. Hal tersebut bisa dilihat dari beberapa aplikasi default yang memiliki fitur menutup aplikasi secara paksa. Berikut cara mengatasi komputer hang Macet Not Responding di komputer / laptop pada sistem operasi windows 7, 8 dan 10.

  • Gunakan Aplikasi Task Manager

    Salah satu cara mengatasi komputer hang adalah dengan menutupnya secara paksa, karna aplikasi yang sedang dipakai menggalami not respoding, jadi tidak mungkin untuk menutupnya dari aplikasinya langsung. Untuk itu, diperlukannya aplikasi ke-tiga, seperti Task Manager untuk menghentikan aplikasi yang sedang not responding.

    Caranya, Silahkan buka aplikasinya dengan menekan Ctrl+Alt+Delete di keyboard secara bersamaan. Jika muncul pilihan dengan background biru, silahkan pilih Task Manager untuk membukanya.

    Pada aplikasi aplikasi task manager perhatikan tab Processes pada bagian Apps, Silahkan pilih aplikasi yang hang / not respoding kemudian klik End task untuk menutupnya secara paksa.
    Cara Mengatasi Komputer Hang dengan task manager

  • Hard Shutdown / Restart

    Cara ini biasanya digunakan ketika yang terkena hang / not responding adalah sistem operasi windows hingga tidak bisa membuka task manager.

    Cara shutdown / restart adalah satu-satunya cara, dikarenakan windows sudah tidak bisa dijalankan, untuk meng-shutdown silahkan tekan tombol power PC / laptop selama 5 detik hingga layar monitor berubah menjadi hitam.

    Untuk merestarnya, silahkan tekan tombol power hanya sekali saja, maka akan secara otomatis komputer / laptop akan terestart.

Penutup

Selain pada penggunaan hardware yang sudah melebihi kempampuannya, hang ataupun not responding di komputer / laptop bisa terjadi dikarenakan dari sisi softwarenya. Hal tersebut bisa berupa penggunaan aplikasi ataupun windows bajakan yang menyebabkan jalannya aplikasi tidak “sesuai” dengan pengaturan yang sudah dibuat oleh pembuat resminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *