Cara Sharing Komputer Dengan Wifi

Cara Sharing Komputer Dengan Wifi

Diposting pada

Cara Sharing Komputer Dengan Wifi – Komputer windows merupakan salah satu alat bantu yang sering digunakan oleh banyak orang, entah mempermudah pekerjaan, tugas di sekolah ataupun sebagai hiburan.

Dengan semakin tingginya penggunaan. Artinya semakin banyaknya data yang terbuat di komputer / laptop. dan menyebabkan tingginya mobilitas / pertukaran data antar komputer satu ke komputer lainnya (sharing file).

Dalam penyaluran data atau sharing folder yang ada di komputer ke komputer lainnya, anda bisa menggunakan berbagai cara, bisa melalui kabel LAN, Penyimpanan Cloud, ataupun yang akan dibahas pada artikel ini. Wifi sebagai alat transfernya.

Step-by-step Cara Sharing Komputer Dengan Wifi

Dibandingkan jenis metode lainnya,sharing data dari komputer ke komputer lainnya, penggunaan wifi sebagai cara yang mudah sekaligus efisien. Dikarenakan tidak diperlukannya instalasi yang terlalu “ribet”, serta bagi kalian yang mementingkan estetika komputer tidak perlu memanajemen kabel agar terlihat rapi dikarenakan wifi tida menggunakan kabel sebagai alat transfer datanya.

Ooya, selain itu jaringan wifi yang dipakai disini adalah “murni” jaringan wifi, yang artinya kecepatan transfer data tidak berdasarkan koneksi internet, memiliki sistem kerja yang sama seperti shareit pada aplikasi android.

Note: cara share komputer via wifi hanya bisa digunakan pada beberapa jenis windows, seperti windows 8 dan 10 pada beberapa versi. Hal tersebut bergantung pada ketersediaan aplikasi homegroup pada windows.

Komputer pertama (komputer-1)

Sharing data antar komputer umumnya membutuhkan minimal 2 komputer, pada cara ini masing-masing komputer akan dibedakan menjadi 2. Komputer-1 sebagai server dan komputer-2 sebagai penerima.

  1. Ketik CMD pada pencarian windows, klik kanan dan Run as administrator.

    Perintah Run as administrator adalah untuk memberitahu windows menjalankan aplikasi CMD dengan otorisasi sebagai admin.

    Mengetahui Password wifi dengan cmd

  2. Pada CMD, ketik netsh wlan set hostednetwork ssid=inspiron key=12345678 kemudian tekan enter.

    Perintah diatas untuk membuat ssid wifi dan password. Jika anda ingin mengubah nama dan password wifi silahkan ganti tulisan “inspiron” untuk nama wifi dan “12345678” untuk password.

    Setting hostpot wifi di cmd

  3. Kemudian ketik netsh wlan start hostednetwork kemudian tekan

    Perintah tersebut digunakan untuk menghidupkan wifi hotspot di komputer dengan ssid dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

    Menhidupkan hotspot wifi di cmd

  4. Silahkan pergi ke Control panel > All Control Panel Items > Homegroup, klik Create a homegroupMembuat home group di windows
  5. Setelah itu akan muncul jendela windows baru, silahkan klik Next sampai muncul kode password yang akan diberikan. Silahkan catat password tersebut.Pada setiap komputer kode password homegroup yang diberikan akan berbeda-beda tiap komputernya. Untuk itu, silahkan cata password yang diberikan. Password tersebut akan digunakan pada komputer ke-2 sebagai autentifikasi untuk menyambungkan ke komputer-1 (komputer server atau komputer saat ini).Password homegroup

Setelah selesai menyeting pada komputer-1, saatnya mengkoneksikannya pada komputer-2. Seperti dibawah ini.

Komputer kedua (komputer-2)

Pada komputer ke-2 memiliki fungsi sebagai penerima file yang akan ditransfer dari komputer pertama.

  1. Silahkan hidupkan dan sambungkan wifi dari komputer-1 yang dibuat sebelumnya.Sambungan wifi
  2. Selanjutnya, pergi ke Control Panel > All Control Panel Items > Homegroup dan klik Join Now.

    Homegroup akan secara otomatis mendeteksi jika homegroup pada komputer-1 telah diaktifkan melalui jaringan wifi pada komputer-1. Jadi, keterangan berubah menjadi Join Now bukan Create Homegroup.

    Homegroup dari komputer-2

  3. Akan muncul jendela windows baru, silahkan klik next sampai muncul form pengisian password. Silahkan ketik password sesuai dengan password homegroup pada komputer pertama.
    Homegroup komputer-2
  4. Setelah mengisi passwordnya silahkan klik next. Homegroup akan mengidentifikasinya, jika password benar, homegroup akan memunculkan notifikasi “You have joined the homegroup”.

Sekarang komputer sudah terhubung pada homegroup komputer-1, tapi belum bisa mentransfer file. Untuk bisa mentransfer file silahkan ikuli langkah dibawah ini.

Kembali ke komputer-1

Walaupun komputer sudah terhubung, tetapi belum bisa mentransfer file, untuk itu diperlukannya membuka mode “sharing file” pada folder agar bisa dilihat dan diterima pada komputer-2.

  1. Pilih folder yang akan dishare, klik kanan pada folder dan prilih properties.Sharing folder
  2. Pada jendela properties, klik tab sharing dan pilih Share..Sharing folder 2
  3. Pada jendela File sharing silahkan tambahkan Homegroup kedalamnya, dan rubah permission menjadi Read/Write kemudian klik Sharemenambahkan homegroup di folder

 

Komputer-2

Pada tahap ini kalian sudah terhubung ke homegroup dan folder yang sudah di share di komputer-1.

Untuk melihatnya silahkan buka file explorer, perhatikan bagian sebelah kiri komputer akan terbuat list baru “Homegroup” silahkan klik list tersebut, lalu akan muncul folder pada komputer-1 yang sebelumnya sudah dishare pada tutorial diatas.

tampilan homegroup terkoneksi

Penutup

Sharing file ataupun folder dari komputer satu ke komputer yang lainnya semua itu bisa dilakukan secara offline tanpa harus menggunakan koneksi internet, melalui wifi ataupun kabel lan.

Karna menggunakan kabel lan yang meiliki jarak terbatas serta jaringan wifi lokal yang pancarannya tidak terlalu jauh, cara tersebut tidak bisa dilakukan jika ingin melakukan sharing pada komputer yang berada jauh pada komputer-1 (server).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *