Cara mengunci folder di laptop windwos 10

3 Cara Mengunci Folder di Laptop Windows 10

Diposting pada

3 Cara mengunci folder di laptop windows 10 – Mengunci folder yang berisikan file penting bisa dilakukan menambahkan otetifikasi tambahan berupa password, dengan tambahan otentifikasi password pada komputer pc ataupun laptop, hal tersebut bisa menjaga privasi anda atau sekedar tidak ingin orang lain membuka folder yang dimaksud.

Selain itu, usahakan mengunci folder di laptop windows 10 menggunakan karakter password yang kaya, contohnya seperti penggunaan karakter tanda baca, angka serta huruf. Gunakan gabungan karakter tersebut agar membuat password semakin kuat dan jangan membuat password yang bisa ditebak orang lain, berupa tanggal lahir ataupun hal lainnya yang bisa diketahui orang selain anda.

3 Cara Mengunci Folder di laptop Windows 10

Pada tutorial ini bisa juga diaplikasikan pada komputer pc ataupun seri windows lainnya, seperti windwos 7, 8, bahkan xp.

Dengan menambahkan sistem otentifikasi berupa password folder laptop dan pc anda sudah terproteksi dengan baik, hal tersebut bisa anda lakukan dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi tambahan, sebagai berikut:

  1. Mengunci dengan Aplikasi Compresi ke .rar atau .zip

    Mengunci folder menggunakan winrar
    .Rar atau .Zip adalah bentuk kompresi data atau pemampatan data yang menghasilkan kompresi data yang lebih kecil sehingga menjadi lebih efisien.

    Selain itu dengan bantuan aplikasi archive ke .rar atau .zip kalian bisa menggunakan fitur penguncian file dengan menambahkan otentifikasi password. Beberapa aplikasi archive to .rar atau zip yang bisa digunakan adalah Winrar dan 7Zip

    Caranya: (Note cara ini khusus untuk pengguna Winrar, tetapi bisa juga diterapkan di aplikasi Winrar, hanya beberapa penempatan ataupun nama fitur yang berbeda.

    Silahkan download dan instal aplikasinya, lalu pilih folder atau file yang akan di kunci, Klik Kanan > add to archive > Lalu akan muncul jendela winrar.

    Silahkan pilih format archivenya (disarankan memilih ZIP agar lebih mudah) > Set Password (lalu isikan password) > Setelah itu klik OK. Maka file akan membuat extensi .zip, jika ada seseorang yang ingin membuka folder yang sudah di kompres tadi, akan muncul notifikasi untuk autentifikasi password yang dimasukan tadi.

  2. Mengunci Folder Tanpa Aplikasi

    Mengunci folder dan file dengan locker.bat di cmd
    Cara mengunci folder di laptop windows 10 tanpa aplikasi, kalian bisa menggunakan sebuah kode perintah simple yang disimpan dengan extensi .bat sebagai berikut:

    Pergi ke folder yang ingin dikunci/dipassword, lalu klik kanan > New > Text Document dan masukan kode dibawah ini

    Quote:
    Quote: cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
    set/p “cho=>”
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p “pass=>”
    if NOT %pass%== INI_PASSWORD goto FAIL
    attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Private
    echo Private created successfully
    goto End
    :End

    Silahkan ganti INI_PASSWORD sesuai dengan password yang diinginkan, Lalu save file dengan Save AS dan beri nama bat, rubah save as type menjadi All Files, kemudian klik ok. Hapus file yang pertama dibuat tadi New Text Document.

    Silahkan klik file Locker.bat, akan muncul folder bernama private, simpan semua folder atau file yang ingin diamanakan kedalam folder Private, setelah itu klik file locker.bat, akan muncul jendela CMD silahkan tekan Y dan enter. folder private tadi akan hilang.

    Untuk membuka folder private, klik file Locket.bat, masukan password yang kalian buat tadi dan tekan enter, secara otomatis folder private akan kembali muncul.

  3. Mengunci Folder Menggunakan Aplikasi Folder Guard

    Mengunci folder dengan aplikasi folder guard
    Folder Guard adalah aplikasi yang secara khusus untuk mengamankan folder atau file dengan banyak metode yang tersesia, Folder guard merupakan salah satu cara mengunci folder di laptop windows 10 dengan cepat dan efisien, ditambah lagi aplikasi folder guard mendukung versi windows XP, 7, 8 dan 10 secara penuh dan tentu bisa kalian pasang juga di PC.

    beberapa fitur yang bisa kalian gunakan di folder guard adalah; Menyembunyikan File dan folder, Mengunci folder dengan password, melindungi data dari modifikasi, mengontrol akses ke eksternal drive dan banyak lainnya.

    Sedangkan untuk cara mengunci folder di laptop windows 10 bisa kalian ikuti caranya sebagai berikut:

    Download dan instal aplikasi folder guard, Lalu folder guard akan meminda anda untuk memasukan password dan silahkan isi passwwordnya, diaplikasinya silahkan klik Lock a folder with a password dan pilih Browse for folder. cari folder yang akan dikunci. Kemudian, masukan password sebagai penguncinya.

    Selanjutnya aktifkan mode proteksi. Kemudian, klik Protect. Sekarang foldernya sudah tersembunyi, untuk membuatnya terlihat klik Unlock dan masukan password yang dimasukan tadi. Lalu, klik

 

Penutup

Semua orang memiliki privasinya masing-masing, tak terkecuali pada file ataupun folder yang tersimpan di pc atau laptop. Untuk melindungi folder dan file supaya tidak bisa akses orang lain, kalian bisa memproteksinya dengan password.

Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi untuk mengunci folder di laptop windows 10. Dan cara diatas juga bisa diterapkan pada versi windows sebelumnya yaitu versi windows XP, 7 dan 10 dan tentu pada perangkan komputer yang lain seperti pc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *