Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Laptop

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Laptop

Diposting pada

5 Cara mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Laptop – Komputer windows sering dugunakan sebagai hiburan, bergamain game ataupun mengerjakan tugas kantor dengan dengan berbagai aplikasi pendukung seperti seri microsoft office yang dimilikinya.

Namun, pernakah anda mengalami semua hasil kerja yang berupa file tiba-tiba hilang di laptop ataupun komputer anda, semua file tersebut hilang secara tidak ataupun disengaja menghapusnya sendiri dari komputer, apalagi kalau terhapus secara pernamen.

Tetapi, jangan dulu panik, dikarenakan anda masih bisa mengembalikan fitur-fitur tersebut melalui beberaca cara yang bisa anda lakukan.

Pada komputer windows walaupun file sudah dihapus secara permanen, faktanya file tersebut tidak terhapus seluruhnya, hanya akan ditandai sebagai ruang tempat yang tersedia pada sistem, untuk penulisan ulang datanya (overwrite).

Jadi, Selama file yang terhapus secara permanen tidak di overwrite, kalian maish bisa mengembalikannya dengan beberapa cara, ataupun mengecek file yang terhapus tersebut dengan Cara mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Laptop. Dibawah ini:

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di PC dan Laptop

Jadi, setidaknya ada 5 cara yang bisa kalian gunakan, entah sebagai alat pemeriknya ataupun pengembalian file yang terhapus secara permanen dengan catatan file yang bersangkutan belum teroverwrite, berikut caranya:

File Ter-Hidden ataupun Terkena Virus Komputer

Terkadang file yang tiba-tiba hilang bisa juga karena kesalahan usernya sendiri, seperti tidak sengaja “menghide” file didalam suatu folder secara disengaja ataupun tidak dan langsung mengira file tersebut sudah terhapus.

Membuka File Terhide dan Terkena Virus VBScript

  1. Silahkan kalian buka folder tempat file disimpan.
  2. Klik View, centang Hidden ItemsMenampilkan file yang terhidden

     

Disisi lain, ada beberapa virus komputer yang menyebabkan hilangnya file, tapi sebagain besar hanya ter-hide. Menurut salah satu user kaskus, hal tersebut bisa dikarenakan laptop terinfeksi virus vbscript, biasanya virus tersebut idak terlalu berbahaya karna hanya menghide file dan bisa kalian “munculkan” dengan cara membuka hide diatas, tetapi tetap ada baiknya untuk menghapus virus di komputer agar lebih aman.

Periksa Recycle Bin

Umumnya, ketika menghapus file hanya dengan tombol “delete” file tersebut tidak akan dihapus secara permanen. File akan dipindah ke folder recycle bin atau folder sampah dan akan menunggu 30 hari sampai file dihapus secara permanen oleh komputer.

Folder recycle bin secara default akan berada di display utama, jika tidak ada, kalian bisa mencarinya melalui kolom pencarian dengan mengetikan recycle bin.

Sedangkan untuk mengembalikan file pada recycle bin sebagai berikut:

  1. Silahkan buka Recycle Bin
  2. Pilih file yang akan di restore, Klik Kanan pada file kemudian RestoreRestore file dari recycle bin

Kedua cara diatas hanya berlaku untuk file yang terhapus ataupun belum terhapus secara permanen, sedangkan untuk file yang sudah tidak ada di recycle bin atau terhapus permanen, kalian bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini:

Menggunakan Backup dan Restore

Fitur backup dan restore bisa digunakan untuk cara mengembalikan file yang terhapus di PC dan Laptop yang permanen, cara tersebut termaksud cara simple dan tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Sayangnya, Penggunaan fitur tersebut hanya tersedia untuk pengguna windows 7, 8 dan 10, dengan catatan windows backup sudah diaktifkan dan memiliki data backup yang sudah tersimpan di dalamnya.

Silahkan ke pencarian lalu ketik “Windows Backup and Restore”, lalu klik Restore my file dan pilih Browse for file atau folder, kemudian pilih backup yang tersedia, selanjutnya pilih lokasi (folder) sebagai tempat restore backup yang sudah dipilih tadi.

 

Menggunakan Restore Previous Versions

Cara mengembalikan file yang terhapus di pc dan laptop bisa menggunakan aplikasi bawaan windows yang satu ini. Restore Previous Version hanya bisa digunakan untuk versi windows 7, 8 dan 10 dan sudah mengaktifkan fitur File History.

Caranya, silahkan pergi ke tempat file ataupun folder yang sudah dihapus secara permanen sebelumnya, kemudian klik Kanan pada foler dan klik dan pilih Restore Previous Versions.

Lalu akan terbuka windows baru yang berisi versi file dan folder yang sudah terhapus sebelumnya, silahkan pilih versi terbarunya, kemudian klik Restore untuk mengembalikan file yang terhapus permanen.

 

Menggunakan Aplikasi Recovery

Cara ini bisa kalian gunakana, jika 2 cara sebelumnya tidak bisa mengembalikan file yang terhapus secara permanen, ataupun syarat-syarat penggunaannya tidak bisa kalian penuhi. Hal tersebut dikarenakan harus mengaktifkan beberapa fitur tertentu agar bisa menggunakan aplikasi dari bawaan windows diatas.

Untuknya, sudah ada banyak aplikasi external yang bisa kalian gunakan untuk cara mengembalikan file yang terhapus di pc dan laptop, dan pemakaiannya bisa langsung kalian gunakan setelah menginstal aplikasinya tanpa harus memenuhi beberapa syarat seperti aplikasi kepunyan windows.

Aplikasi Recovery Data PC dan Laptop Gratis

  1. Recuva

    Recuva

    Recuva merupakan aplikasi buatan ccleaner yang terkenal akan kemampuan membersihkan file sampah pc, Tapi, untuk aplikasi Recuva berfungsi sebaliknya, Recuva bisa mengembalikan file maupun folder yang sudah terhapus di windows.

    Selain mengembalikan data pada penyimpanan internal, Recuva mengklaim juga bisa mengrecovery data yang sudah terhapus secara permanen pada penyimpanan external, seperti flasdisk, hdd external dan banyak lainnya.

    Selain Recovery, Recuva juga bisa memperbaiki yang telah rusak ataupun korup sehingga file tidak bisa terbuka. Melalui fitur Recovery from damaged disks kalian bisa memperbaiki file rusak tersebut.

  2. TestDisk

    Testdisk
    Merupakan aplikasi yang secara khusus dibuat untuk recovey data gratis melalui lisensi GNU (GNU General Public License), TestDisk memiliki tampilan yang sangat simple, sehingga akan memudahkan kalian dalam penggunaannya tanpa harus mengeti lebih dalam pada setiap fungsi yang disediakan.

    Selain itu, TestDisk bisa membuat komputer yang tidak bisa booting menjadi normal kembali dengan melakukan recovery pada pastisipasi sistem operasi windows yang hilang.

  3. Undelete 360

    UNDELETE 360
    Salah satu aplikasi terbaik sebagai cara mengembalikan file yang terhapus di pc dan laptop melalui aplikasi tambahan. Undelete 360 bekerja dengan sangat efisien, hal itu bisa dilihat melalui System Requirements-nya yang hanya membutuhkan 15 MG space kosong di pc.

    Memiliki Fitur yang sama seperti 2 aplikasi tambahan, bisa merecovery data yang terhapus secara permanen di External Drive serperti Flasdisk, Kamera, ataupun di Smartphone. Sayangnya Undelete 360 hanya support untuk versi windows 7 kebawah.

 

Cara Penggunaan Aplikasi Recovery

Note: Cara penggunaan dibawah ini tidak sama persis untuk setiap aplikasinya, dikarenakan setiap aplikasi mempunyai cara kerja yang berbeda, hanya saja, cara dibawah adalah penggunaan secara garis besar untuk setiap aplikasi recovery.

  1. Silahkan download dan instal aplikasi recoverynya dan jalankan aplikasinya.
  2. Silahkan pilih tempat file atau folder terhapus.
  3. Klik lokasinya dan pilih Scan, Setelah itu aplikasi akan memindai dan akan menampilkan hasilnya pada bagian deleted files
  4. Pilih file atau folder yang akan di recovery, selanjutnya klik Recover sekaligus mengembalikan file yang terhapus pada lokasi yang sudah ditentukan.
  5. Klik OK, dan aplikasi akan menyelesaikan prosesnya

 

Penutup

File ataupun folder yang dihapus di windows pada umumnya akan dipindahkan di folder recycle bin sebelum benar-benar dihapus secara permanen untuk 30 hari kedepannya. Walaupun file sudah terhapus secara permanen, ternyata file masih bisa dikembalikan dengan beberapa cara, bisa melalui aplikasi bawaan pada windows ataupun dari aplikasi tambahan yang memiliki fitur, performa dan penggunaan lebih mudah jika dibandingkan aplikasi bawaan windows.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *