Cara Defrag Windows 10

2 Cara Defrag Windows 10 Meningkatkan Performa Hard Disk

Diposting pada

Cara Defrag Windows 10 Meningkatkan Performa Hard Disk – Apakah kalian merasa kinerja komputer terasa menurun? Jika benar, ada baiknya melakukan defrag pada media penyimpanan hard disk di komputer, agar mengembalikan kembali performa seperti sebelumnya.

Salah satu penyebab menurunnya kinerja komputer, dikarenakan terjadinya fragmentasi pada berkas-berkas yang ada di dalam hard disk. Pada hard disk, fragmentasi adalah, ketika berkas yang ada didalamnya tidak menempati “ruangan” secara berdekatan.

Untuk mengatasinya, kalian bisa menjalankan cara defrag windows 10 agar berkas-berbas yang ada di didalam hard disk bisa mengisi “ruang” secara optimal.

2 Cara Defrag Windows 10

Pada sistem operasi windows, termaksud windows XP, 7, 8 sampai yang terbaru saat ini (windows 10), anda bisa melakukan defrag (Defragmentasi) melalui beberapa aplikasi default yang sudah disiapkan oleh windows.

  1. Defrag Melalui Aplikasi

Defragment and Optimese Drives adalah aplikasi yang bisa kalian gunakan, aplikasi tersebut sudah terinstal secara default ketika menginstal sistem operasi windows di pc maupun laptop. Melalui Defragment and Optimese Drives, anda bisa menjalankan defragmentasi pada seluruh drive / local disk / hard disk yang tersedia di windows.

  1. Ketik keyword Defrag pada pencarian windows, Silahkan buka aplikasinya.Cara Defrag Melalui aplikasi
  2. Pada jendela Defragment and Optimese Drives, silahkan pilih semua hard disk, kemduian, klik Analyse.Cara Defrag Melalui aplikasi 2

    Note: Defragment and Optimese Drives akan menganalisa semua berkas yang terfragmentasi pada hard disk, Nah, pada bagian Current Status, silahkan pilih local disk yang memiliki % fragmentasi diatas 0%.

  3. Setelah memilih hard disk yang akan di defrag, silahkan klik Optimise untuk menjalankan defrag.Cara Defrag Melalui aplikasi 3
  4. Selanjutnya, silahkan tunggu prosesnya, jika sudah selesai maka fragmentasi pada hard disk akan menjadi 0%.

 

  1. Cara Defrag Windows 10 Lewat CMD

CMD (Command Prompt) adalah aplikasi baris perintah melalui serangkaian ‘kode”, mirip dengan kernel linux yang diperkenalkan pertama kali pada bulan april 1991.

Cara defrag windows 10 via cmd sangat mudah dilakukan, anda cukup memasukan 1 baris perintah dan windows akan mengeksekusinya secara otinastis, Caranya, sebagai berikut:

  1. Silahkan buka Command Prompt, dengan mengetikan keyword CMD, dan klik cmdnya.Cara Defrag Lewat CMD
  2. Setelah CMD terbuka, silahkan masukan perintah defrag / d / o pada cmd dan tekan enter.
  3. Selanjutnya, CMD akan menjalankan prerintah defragmentasinya, silahkan tuggu hingga proses selesai.

Perlu diingat huruf d pada perintah defrag / d / o adalah kode driver / Local Disk di komputer, jadi silahkan ganti kodenya sesuai dengan driver yang ingin anda defragmentasi.

 

QnA Cara Defrag Windows 10

Q: Berapa persen idealnya fragmentasi saat menjalankan defrag?
A: Sebenarnya, tidak angka pasti yang direkomendasikan oleh windows, Tapi, melalui berbagai diskusi online, fragmentasi ada baiknya, jika sudah mencapai 5%.

Q: Apa Defragmentasi Perlu dilakukan Secara Berkala?
A: Tentu, degragmentasi ada baiknya dilakukan secara berkala agar menjaga performa hard disk kalian.

Q: Kapan Waktu Jangka Waktu Defrag Ideal?
A: Fragmentasi yang terjadi pada hard disk umumnya memakan waktu yang cukup lama, untuk itu ada baiknya menjalankannya 1 bulan sekali.

Q: Apakah Defragmentasi Bisa dilakukan di SSD?
A: Tidak Perlu, Dikarenakan SSD bekerja berbeda dengan Hard Disk, SSD menggunakan sistem TRIM. Disisi lain, Defrag pada SSD dapat memperpendek umur SSD, hal tersebut dikarenakan, proses penulisan data (ini juga terjadi di defrag) akan memperpendek umurnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *