Bagian Hardware Komputer

11 Bagian Hardware Komputer Beserta Fungsi dan Gambar

Diposting pada

11 Bagian Hardware Komputer Beserta Fungsi dan Gambar – Komputer adalah alat elektronik yang secara garis besar dibagi atas dua komponen utama, yaitu software dan hardware.

Hardware merupakan perangkat alat keras (memiliki bentuk fisik), memiliki fungsi input sampai kepada output, pada bagian dalam hardware terdapat perangkat lunak (software), sebuah program dibuat agar dapat membuat kinerja hardware bekerja secara ideal pada kondisi tertentu ataupun pengaturan yang dibuat.

Nah, pada hardware komputer, setidaknya ada 11 bagian utama yang memiliki fungsi ataupun perannya masing-masing dalam pengoperasian komputer, sebagai berikut:

11 Bagian Hardware Komputer Beserta Fungsi dan Gambar

11 bagian hardware kompuer memiliki fungsi dan perannya sendiri-sendiri, mulai dari sistem input (masukan) sampai Output (keluaran) yang dibedakan menjadi 11 bagian.

  1. Mainboard

    Bagian Hardware Komputer Mainboard
    Mainboard atau papan sirkuit adalah sebagai tempat penyatuan semua benda elektronik pada komputer, sebagai penyalur daya ataupun penyalur data yang diproses dari satu komponen ke komponen lainnya.

    Lebih rincinya, mainboard memiliki fungsi sebagai jalur penyalur daya maupun data yang akan diproses ataupun sudah diproses dari ataupun ke komponen sesuai dengan peruntukannya.

  2. Prosesor

    Bagian Hardware Komputer Power Supply
    Prosesor atau CPU (Central Procesing unit) adalah sebagai otak komputer atau IC (Integrated Circuit) yang mengontrol jalannya seluruh sistem komputer sebagai tempat untuk melakukan kalkulasi ataupun jalannya tugas komputer.

    Dikarenakan tugasnya yang berat, biasanya, sebuah prosesor bisa mengalami overheat (panas yang berlebihan), untuk mengatasinya, prosesor dilengkapi dengan pendingin yang bisa berupa kipas ataupun radiator mini.

  3. VGA


    VGA atau sering disebut sebagai kartu gratis / GPU / Video Card adalah komponen yang bertugas memproses grafis.

    Otak VGA disebut sebagai GPU, biasnaya GPU sudah terdapat didalam prosesor, hanya saja memiliki spesifikasi yang hanya cukup untuk memproses grafis yang tidak terlalu berat.

    Sedangkan untuk memproses animasi yang berat ataupun desainer diperlukan sebuah Dedicated GPU / VGA yang memiliki kapasistas besar agar dapat memproses grafis berat dengan cepat.

  4. Power Supply

    Bagian Hardware Komputer Power Supply
    Power Supply atau PSU adalah komponen yang berfungsi sebagai sumber daya komputer sekaligus menstabilkan arus listrik agar tidak merusak komponen didalamnya.

    Power supply bekerja dengan merubahh arus listrik AC (Arus bolak-balik) menjadi DC (Arus searah).

  5. RAM

    Bagian Hardware Komputer RAM
    RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan sementara semua proses program ataupun aplikasi yang dijalankan di komputer, hal tersebut agar prosesor ataupun komponen lainnya dapat secara cepat mengakses data tanpa harus menulis ulang data.

    Sebuah penyimpanan RAM akan otomatis terisi ketika komputer idle (Hidup) ataupun dalam keadaan sleep, dan akan berhenti bekerja jika komputer dimatikan (shutdown).

  6. Hard disk (HDD) / SSD

    Bagian Hardware Komputer Hard Disk
    Hard disk (HDD) atau SSD adalah media penyimpanan data ataupun sistem operasi komputer yang bersifat tetap kecuali data terseut dirubah ataupun di overwrite.

  7. Optical Drive (CD/DVD-ROM)

    Bagian Hardware Komputer Optical Drive
    Walaupun sudah jarang ditemukan pada perangkat pc modern, Optical Drive (CD/DVD-ROM) sering ditemui pada laptop ataupun pc lawas.

    Optical Drive (CD/DVD-ROM) memiliki fungsi untuk membaca ataupun menulis data yang ada pad optical disc seperti CD dan DVD.

  8. Keyboard

    Bagian Hardware Komputer Keyboard
    Keyboard adalah komponen komputer yang memiliki fungsi input sebagai pemasuk perintah manusia melalui angka, huruf dan simbol-simbol yang terdapat pada tombol keyboard.

  9. Mouse

    Bagian Hardware Komputer Mouse
    Sama seperti keyboard, Mouse memiliki fungsi ssebagai input / alat perintah manusia ke komputer sebagai alat navigasi dan mengoperasikan komputer melalui cursor dan tombol yang tersedia.

  10. Monitor

    Bagian Hardware Komputer Monitor
    Monitor adalah komponen output komputer dari perintah-perintah yang dijalankan sebelumnya.

    Monitor akan menampilkan output berupa grafis yang diproses di GPU / VGA komputer. Namun, seiring berkembangkan teknologi saat ini monitor juga bisa dioperasikan sebagai alat input dan output dikarenkan sudah mendukung fungsi touch screen.

  11. Casing Komputer

    Bagian Hardware Komputer Casing
    Casing komputer sering disebut sebagai “rumah” komputer, dikarenakan sebagian besar komponen komputer berada didalamnya.

    Selain digunakan sebagai “rumah” atau pelindung, casing didesain sedemikian rupa supaya menjaga sirkulasi udara didalamnya tetap baik, agar komponen didalamnya tidak mengalami overheating.

    Selain itu, Casing saat ini sering duganan sebagai penambah estetika pc, dengan penambahan pada lampu RGB dialamnya ataupun dengan desain yang unik.

Penutup

Pada komponen hardware di komputer, jika digolongkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya bisa dibagi menjadi 11 bagian seperti pada list yang berada diatas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *