7 Aplikasi yang Wajib Instal di Linux

7 Aplikasi yang Wajib Instal di Linux

Diposting pada

Aplikasi  wajib instal di linux serta situs download rekomendasi – Linux merupakan salah satu sistem operasi desktop yang banyak digunakan diseluruh dunia setelah sistem operasi windows.

Pada umumnya sistem operasi lebih banyak digunakan untuk mengelola suatu server web atapun sistem operasi pada perangkat keras lainnya seperti router, switch dan banyak lainnya. Hal tersebut dikarenakan linux mempunyai sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan sistem operasi lainnya. Serta tidak mebutuhkan spesifikasi perangkat yang tidak terlalu tinggi.

Disi lain, linux adalah sistem operasi yang bersifat open source yang membuat semua orang bisa secara leluasa untuk memodifikasi sistemnya berdasarkan kebutuhan yang di inginkan.

7 Aplikasi yang Wajib Instal di Linux

Nah, bagi kalian yang baru saja menginstal linux di komputer, berikut beberapa aplikasi rekomendasi untuk keperluan sehari-hari.

  1. Unity Tweak Tool (atau Gnome Tweak Tool)

    Unity Tweak Tool (atau Gnome Tweak Tool) (1)

    Unity Tweak Tool adalah aplikasi rekomendasi bagi anda yang masih pemula dalam sistem operasi linux. Dengan Unity tweak tool kalian bisa lebih mudah dalam pengorganisasi aplikasi serta  mengatur tampilan linux seusai dengan keinginan kalian. Seperti mengatur thema, icon, dan fonts.

    Bebeapa fungsinya lainnya seperti konfigurasi sistem dan keamanan.

  2. Google Chrome (Browser)

    Google Chrome (Browser) (1)

    Untuk bisa berselancar di internet secara nyaman, anda memerlukan browser agar bisa berinternet secara nyaman. Saat ini Google Chrome bisa dibilang merupakan browser terbaik di Linux.

    Selain itu, kalian juga bisa menggunakan browser lainnya seperti Mozzilla Firefox dikarenakan sangat stabil serta ringan.

  3. VLC Media Player (Video Player)

    VLC Media Player (Video Player) linux (1)

    Selain di windows VLC media player adalah satu aplikasi pemutar video terbaik dengan berbagai fitur yang miliki, seperti sinkronisasi audio maupun video dan mendukung banyak format video yang bisa diputar.

  4. Steam (Game Linux)

    Steam (Game Linux) (1)

    Walaupun linux bukan sistem operasi rekomendasi dalam memainkan game. Tapi, jika anda seorang gamer tidak ada salahnya menginstal salah satu aplikasi distribusi game terbesar di dunia tersebut.

    Steam linux menyediakan ribuan game yang bisa kalian mainkan secara gratis maupun berbayar dengan kategori yang yang sangat lengkap.

  5. Stacer (Pengoptimal Sistem)

    Stacer (Pengoptimal Sistem) (1)

    Kurang lebih sama dengan task manager yang ada di windows, stacer berfungsi sebagai diagnosis pada komputer berupa CP, Disk, Memory serta data hardware lainnya.

    Selain itu, di stacer anda bisa menghapus cahce ataupun aplikasi yang ada di linux secara mudah, hal tersebut dikarenakan sistem UI yang bersih dan user friendly.

  6. OpenOffice

    OpenOffice linux (1)

    OpenOffice merupakan aplikasi pengolah data, pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafik dan banyak lainnya. Kurang lebih memiliki fungui yang serperti seperti aplikasi Microsoft office yang ada di sistem operasi windows.

    Kabar baiknya OppenOffice bisa kalian gunakan secara gratis tanpa harus berlangganan untuk menggunakan aplikasinya.

  7. Kali Linux (Bonus = Aplikasi Penetrasi Jaringan)

    Kali Linux (1)

    Jika anda seorang yang ingin melakukan penetrasi jaringan atau dalam kata lainnya seorang hacker, aplikasi tersebut sangat diperlukan untuk memuluskan aktifitas tersebut.

    Kali linux banyak digunakan oleh berbagai professional keamanan jaringan untuk menguji celah keamanan yang terdapat dalam sebuah jaringan.

    Dalam kali linux setidaknya terdapat lebih dari 300 tools penerration testing yang semuanya bisa kalian gunakan secara gratis.

3 Tempat Download Aplikasi Linux

Sebennarnya untuk masih masing-masing dari aplikasi rekomendasi diatas bisa kalian download melalui situs official-nya. Namun, karena linux adalah sistem operasi open source, kalian bisa menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga ataupun aplikasi lainnya yang dikembangkan oleh orgaisasi maupun perorangan.

  1. Launchpad.net

    Launchpad.net (1)

    Launchpad adalah didirikan oleh perusahan Canonical, adalah perusahaan yang sama dalam pengembangan linux.

    Di Launchpad kalian bisa melihat berbagai laporan bug yang didaftarkan di situs web tersebut, saat ini Launchpad memiliki lebih dari 40.000 aplikasi/ataupun project.

    Selain itu, kalian bisa melihat featured project yang diupdate setiap minggunya.

  2. Pkgs.org

    Pkgs.org (1)

    Jika kamu ingin mencari aplikasi berdasarkan distro linux, seperti Ubuntu, Arch, CentOS, Debian, Fedora dan Mint bisa menggunakan pkgs.org.

    Pkgs.org mengkategorikan aplikasi berdasarkan distro linux yang membuat anda lebih mudah mencari aplikasi berdasarkan distro yang anda pakai. Selain itu, pkgs cukup rutin mengupdate daftar aplikasi yang dimilikinya setiap saat.

  3. GitHub

    GitHub (1)

    Github adalah tempat bagi para pengembang open source menaruh aplikasi ataupun project yang sedang digunakan. Kalian bisa menggunakan aplika buatan pemgembang secara Cuma-Cuma.

    Selain itu, github memiliki ratusan ribu aplikasi maupun project yang dalam pengerjaan. Di github kalian bisa menggunakan berbagai aplikasi yang masih dalam tahab beta dan memberikan masukan untuk aplikasi kedepannya.

 

Penutup

Linux adalah salah satu sistem operasi yang banyak disukai oleh orang-orang, dikarenakan sifatnya yang open source. Kalian bisa menemukan berbagai aplikasi yang unik ataupun yang sangat bermanfaat dan semua itu rata-rata bisa kalian gunakan secara gratis tanpa harus berlangganan dengan membayar sejumlah uang ke developernya. Tapi tidak ada ada salahnya untuk memberikan donasi sebagai tanda terima kasih bagi para developernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *