6 Cara Optimasi Seo Off Page Melalui Backlink

6 Cara Optimasi Seo Off Page Melalui Backlink

Diposting pada

6 Cara Optimasi Seo Off Page Melalui Backlink – Backlink adalah point utama dalam teknik seo off-page, melalui backlink, blog yang dioptimasi bisa mendapat point yang sangat besar dari mesin pencari, khususnya google, yang akan berdampak baik pada hasil pencarian di mesin pencari. Tentunya, tanpa mengesampingkan optimasi seo on-page yang bisa dilihat melalui 5 plugin SEO wordpress Terbaik.

Tapi, dalam penanaman backlink, ada beberapa teknik yang harus dipatuhi jika tidak ingin semua itu sia-sia, karna dianggap google sebagai spam, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan penanaman dilakukan pada web yang tidak terpecaya ataupun dilakukan secara masih hanya pada satu domain saja.

Keuntungan Menanam Backlink

Sebagai salah satu bagian dari teknik SEO, backlink memiliki peran besar dalam perangkingan web di mesin pencari, setidaknya berikut beberapa keuntungan yang bisa kalian dapat:

  1. Peningkatan DA dan PA domain.

    DA (Domain Authority) dan PA (Page Domain) adalah algoritma perangkingan web yang paling populer dan dibuat oleh MOZ sebagai pengganti PageRank, Imbas dari penutupan akses ke publik pada tahun 2016 oleh Google.

    Lalu apa hubungan DA dan PA dengan Backlink ?. secara simple perhitungan DA dan PA dari backlink itu sendiri, lalu melalui algoritmanya, moz akan menghitung jumlah backlink dan kualitasnya, lalu melalui proses perhitungan yang dibuatnya, akan memunculkan hasil yang tertera pada algoritma buatan moz tersebut.

    Walaupun tidak seefektif seperti pagerank buatan google. Tapi, setidaknya bisa menjadikan tolak ukur untuk mengetahui seberapa besar kekuatan web pesaing dan menjadi dasar perencanaan kedepannya.

  2. Blog Baru Cepat Masuk Serp

    Umumnya, Jika membuat sebuah blog dengan dengan domain fresh, blog akan membutuhkan waktu beberapa bulan hingga mendapatkan traffict yang di inginkan. Tapi, jika dibantu dengan penanaman backlink setidaknya hanya butuh setengah dari waktu biasanya untuk mendatangkan traffict yang di target. Tentu, hal ini juga termaksud dengan kualitas backlink yang dimiliknya.

    Biasanya, google akan lebih memprioritaskan web yang memiliki backlink dibandingkan yang tidak. Karna, salah satu point penting untuk masuk serp adalah kepercayaan dan seberapa terkenalnya suatu web dimata google dan hal tersebut bisa didapatkan melalui backlink.

    Tentu hal tersebut juga berlaku untuk blog yang sudah lama di bangun.

 

Tool Pendukung

Karna menggunakan menggunakan sistem penilaian dari moz sebagai alat pengukurnya, untuk itu, setidaknya berikut beberapa website yang menyediakan pengecekan gratis untuk melihat DA, PA, Spam Skor dan lainnya.

  • Website SEO Checker
    Salah satu web yang paling populer digunakan dikarenakan kelengkapan data yang diberikan serta dengan tampilan tabel yang cukup simple sehingga memudahkan untuk melihat hasilnya.SEO cheker menyediakan layanan gratis untuk pengecekan DA, PA TB, OB, Spam Skor, dan banyak lainnya. Yang biasanya hanya bisa didapatkan pada MOZ Premium.
  • MOZ Free SEO Tools
    MOZ sebagai pembuat sistem ranking melalui tool DA dan PA-nya, memberikan layanan gratis untuk pengecekan DA, Total referring domain, sampai beberapa pengecekan keyword.

 

Google, sebagai mesin pencari melakukan update setiap saat, hal itu dilakukan agar dapat merangking blog ataupun web secara lebih baik kedepannya, dari awal updatenya hingga sekarang, setidaknya, berikut penanaman backlink yang baik agar tidak dianggap google sebagai spam.

 

Optimasi Seo Off Page Melalui Backlink

Seperti yang sudah dikatakan diatas, penanman backlink tidak boleh sembarangan agartidak diagamp sebagai spam, untuk itu brikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan.

  1. Kualitas Domain dari DA dan PA

    Blog ataupun web yang memiliki DA dan PA yang tinggi biasanya sudah cukup “berumur”, mempunyai sumber backlink yang baik dan konsisten akan update konten. Tipe blog tersebut biasanya sudah mendapat kepercayaan dari mesin pencari sebagai salah satu blog priotas yang akan di crawl.

    Karena tujuan backlink adalah untuk mendapat “nilai seo” dari sumber backlink, maka dari itu hal ini sangat penting. Sebagai contoh jangan pernah memasang backlink pada web yang memiliki nilai DA dan PA lebih rendah dari blog kalian. Kecuali, sumber backlink tersebut bisa mendatangkan vistor ke blog.

    Sedangkan untuk patokan skor DA dan PA minimum, hal tersebut sangat bervariasi bagi para blogger lainnya, karna masing-masing memiliki strategi masing-masing. Tapi, untuk saya sendiri memiliki patokan skor minimum sebesar 20 untuk DA dan 15 untuk PA.

  2. Link Dofollow

    Supaya mendapatkan “Nilai SEO” dari sumber backlink setidaknya link yang ditanam harus bersifat dofollow, agar mesin pencari bisa mengcrawl link yang sudah ditanam tersebut.

    Sebagai contoh, blog tidak akan mendapat “Nilai SEO” dari sumber backlink, jika menggunakan atribut nofollow ( rel=”nofollow” ). Dikarenakan, tag tersebut memberi tahu mesin pencari untuk tidak mengcrawl url, yang tentu saja blog tidak akan mendapatkan “Nilai SEO” yang dimaksud.

  3. Anchor text

    Anchor text adalah teks yang berisi link, melalui teks tersebut google bisa secara pasti mengetahui keyword yang sedang di optimasi, untuk itu ada baiknya menggunakan keyowrd pada teks link di sumber backlink, tentu saja, kalimat yang dibuat harus tetap terlihat natural.

    Tetapi, jangan terlalu sering menggunakan keyword yang sama pada backlink, karna dapat dainggap google sebagai spam yang akan berdampak pada Link Schemes Penalti.

  4. Keberagaman Domain

    Keberagaman domain adalah jumlah referring domain yang dimiliki. Tentu, lebih baik menanam 50 backlink pada 20 domain yang berbeda daripada 50 backlink pada 1 domain.

    Disisi lain, menumpuk backlink hanya pada 1 domain bisa berdampak buruk bagi blog, karna bisa dianggap sebagai spam oleh google.

  5. Relevansi

    Salah satu penanam backlink yang baik dan benar adalah kenaturalan sebuah backlink, sebagai contoh, jika sumber backlink membahas tentang seo ada baiknya blog yang dioptimasi juga membahas seputar seo atau link yang menuju pada artikel yang membahas SEO. Dengan begitu backlink akan terlihat natural di mata google.

    Jadi, usahakan backlink berasal dari niche yang sama dengan website anda.

  6. Berasal dari Konten

    Algoritma google setiap saat terus berkembang, saat ini, google dapat mengetahui backlink berasal dari mana saja, entah dari konten halaman, komentar, ataupun pada forum-forum.

    Dari beberapa jenis tersebut, google secara khusus memberikan point yang lebih besar untuk link yang berasal dari halaman konten.

Itulah beberapa optimasi yang setidaknya bisa kalian praktekan dalam backlink, selain itu, pada teknik seo on-page, Anda bisa menggunakan beberapa plugin seo untuk blog wordpress, contohnya seperti rankmath yang bisa kalian lihat di Review RankMath

Penutup

Tidak dipungkiri backlink adalah salah satu point penting dalam pengaplikasian seo off-page, Namun, seperti pisau bermata dua, backlink bisa menjadi sumber masalah untuk blog jika dipasang secara tidak terkontrol hingga membuanya terlihat seperti spam oleh google.

Untuk itu, supaya mendapatkan hasil yang benar-benar baik untuk SEO, ada baiknya penanaman dilakukan secara terkontrol dan mematuhi beberapa peraturan agar backlink terlihat naturan oleh google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *