5 Plugin Seo WordPress Free Terbaik 2020

Diposting pada

Seo atau search engine optimization merupakan teknik yang digunakan oleh para webmaster blog untuk memaksimalkan (menampikan) blog pada posisi teratas pada pencarian search engine.

SEO terdapat 2 jenis, yaitu, White Hat dan Black Hat (kita tidak akan membahas black hat). Pada white hat terdapat 2 lagi kategori yang dinamakan Seo On-page dan Seo off-page.

Seo off-page merupakan teknik optimisasi blog dengan mengandalkan hal-hal dari luar blog. Contohnya, seperti backlink. Sedangkan pada Seo On-page merupakan teknik optimisasi pada bagian internal blog, seperti: Fokus keyword, Meta deskripsi, Penggunaan Heading, pengaturan link dan sebagainya.

Seo on-page, jika dilakukan secara manual akan memakan sangat banyak waktu dan menyebabkan kurang efektif dan efisiennya, jika diterapkan pada jangka panjang.

Nah, Bagi kalian pengguna wordpress tidak perlu kawatir akan hal tersebut, dikarenakan, wordpress terdapat banyak sekali plugin, salah satunya plugin seo yang bisa membantu dalam pengaplikasian teknik seo on-page tersebut.

 

5 Rekomendasi Plugin SEO di WordPress

WordPress merupakan Content Management System (cms) yang bersifat open source, dibandingkan CMS yang serupa, seperti Joomla, Drupal, TYPO3 dan banyak lainnya. WordPress memiliki banyak sekali plugin yang tersedia. Yang tentu saja akan mempermudah kerja seorang blogger, dengan plugin, semua bisa berjalan dengan mudah.

Menurut penelitian pada web Torquemag, pada tahun 2018, setidaknya ada 50.000 plugin yang di upload ke wordpress, dan untuk plugin seo setidaknya ada 3000 an. Hasil tersebut bisa kalian lihat sendiri dengan mengetikan SEO pada kolom pencarian plugin dengan kata kunci SEO.

Jadi, dari 3000-an plugin tersebut, berikut 5 plugin seo untuk meningkatkan ranking blog di search engine.

 

1. Rank Math | Semua fitur seo dalam 1 plugin

Rank Math | Semua fitur seo dalam 1 plugin

Salah satu faktor penentu seo adalah penentuan kata kunci, meta deskripsi yang baik, panjang kontent dengan jumlah tertu. Melalui plugin rank math, kalian bisa melakukan semua itu secara mudah dan efisien. Karna, jika dilakukan secara manual akan memakan banyak sekali waktu.

Selain fitur diatas, Rank Math memiliki fitur lainnya seperti, pembuatan sitemap, Analisis Seo, hingga penautan ke search console yang memudahkan jikan ingin melakukan riset keyword ataupun riset lainnya yang membutuhkan bantual tool dari search console.

Bisa dibilang sebagai pendatang baru, Review Rank Math ada banyak dibuat para blogger sebagai pengalaman mereka, sekaligus menyandingkan dengan plugin yoast seo.

 

2. A3 Lazy Load | Optimasi melalui Lazy Load

A3 Lazy Load | Optimasi melalui Lazy Load

Salah satu faktor utama seo adalah kenyamanya pembaca dan kecepatan blog. Semakin cepat blog memunculkan konten saat pengunjung megakses blog, maka akan semakin kecil kemungkinan pembaca akan menutup tab browser yang tentu akan berdampak baik pada tingak bounce rate blog.

A3 Lazy Load bekerja secara efisien, dengan hanya mengeksekusi atau merender segala macam resouse blog yang akan tampil pada device pengunjung blog.

Hebatnya lagi A3 Lazy Load tidak terbatas hanya pada satu atau dua komponen, A3 Lazy Load hampir mendukung semua komponen blog, seperti Gambar, Html, Video serta mendukung pada model Amp.

 

3. ShortPixel | Optimasi Ukuran Gambar

ShortPixel | Optimasi Ukuran Gambar

Dengan bantuan ShortPixel kalian bisa optimasi ukuran (size) gambar. Melalui teknik compressnya, ShortPixel bisa mengurangi ukuran gambar sampai pada 85 % tanpa harus mengurangi kualias gambarnya.

ShortPixel memiliki 3 cara Compress, Yaitu : Lossy, Glossy dan Lossless. Yang penggunaannya bisa disesuaikan pada konten blog.

 

4. W3 Total Cache | Plugin Caching

W3 Total Cache | Plugin Caching

WordPress merupakan CMS yang berbasis php dan database, dimana penggunaan database wordpress sering “kelebihan muatan” ini dikarenakan fitur auto save yang dimilinknya. Melalui W3 Total Cache, kalian bisa membersihkan file tidak perlu yang ada di dalam database.

Selain itu, W3 Total Cache juga mendukung berbagai macam fitur lainnya, seperti: optimasi Html, Css, Javascript. Dengan melakukan optimasi secara tepat, kalian bisa mempercepat dan mengurangi size blog antara 20% – 50%.

 

5. Easy Table of Contents

Easy Table of Contents

Bagaimana dengan hasil pencarian google pada 2019 – sekarang ini, kebanyakan blog yang menempati halaman pertama mengguna fitur Table Content dalam artikel yang dibuatnya, tentu banya faktor lain yang mempengaruhinya, tetapi, penggunaan Table Content tetap sangat penting dalam penentuan posisi blog di google.

Google selalau barubah, perubahan yang dilakukan google selalu berorientasi pada kepuasan pengguna layanannya, table content masuk dalam klasifikasi tersebut karna dapat memudahkan pengguna langsung menuju pada inti pembahasa content.

Easy Table of Contents plugin berfungsi secara otomatis, tentu kalian perlu melakukan kalibrasi pada pengaturannya, tapi dalam penerapannya, Easy Table of Contents plugin selalu menggunakan tag Heading untuk klasifikasi daftar isi.

 

Penutup

Pada intinya melakukan teknik seo on-page pada cms wordpress lebih mudah dilakukan, jika dibandingkan cms lainnya, dikarenakan banyaknya plugin yang tersedia. Dari ribuan plugin seo yang bisa ditemui di wordpress setidaknya ada 5 plugin yang bisa direkomendasikan yaitu: Rank Math, A3 Lazy Load, ShortPixel, W3 Total Cache dan Easi Table of Content.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *