4 Komponen Dasar pada Sistem Komputer

4 Komponen Dasar pada Sistem Komputer

Diposting pada

4 Komponen Dasar pada Sistem Komputer – Komputer terdiri serangkaian komponen yang terhubung satu sama lainnya melalui berbagai macam prinsip kerja yang digunakannya, Mulai dari software yang berfungsi sebagai program (perintah), agar hardware dapat bekerja sesuai yang dibutuhkan, maka dari itu pada komputer terdapat 4 komponen dasar pada sistem komputer.

4 komponen dasar pada sistem komputer termaksud kedalam penggolongan yang luas, ini dikarenakan digolongkan melalui cara kerjanya, tidak seperti hardware yang penggolongnya hanya pada perangkat keras.

4 Komponen Dasar pada Sistem Komputer Beserta Contohnya

Pada komputer, komponen dasar digolongkan menjadi 4, Yaitu: Unit Masukan, Unit Keluaran, Unit Memor Utama dan Unit Pemrosesan Pusat yang bekerja sebagai berikut:

 

Unit Masukan (Input)

Unit masukan berfungsi sebagai tempat penyalur perintah ke komputer. Unit masukan, pada dekade-dekade awal komputer tercipta hanya bisa melalui sentuhan fisik. Namun, semakin canggihnya teknologi sekarang unit masukan sudah bisa menggunakan perintah suara.

Contoh Perangkat:

Keyboard, perintah dimasukan melalui tombol yang tersedia atau cara diketik

Mouse, selain sebagai penggerak kursor, mouse digunakan sebagai masukan perintah melalui tombol ataupun fungsi scroll yang tersedia.

Microphone, berbeda seperti keyboard atau mouse, yang menggunakan perintah fisik. Microphone menggunakan perintah suara sebagai sarananya.

 

Unit Keluaran (Output)

Pada inti komputer hanya mengenal bilangan biner atau 0 dan 1, semua pemrosesan didalamnya hanya ada 0 dan 1, dan kalau manusia hanya membaca dari bilangan biner tersebut, pasti akan sangat kesulitan, maka dari itu diperlukannya keluaran yang memungkinkan manusia bisa dengan mudah membacanya.

Contoh Perangkat:

Monitor, mentransmisikan informasi berupa gambar ataupun bentuk lainnya yang bisa ditampilkan di monitor.

Speaker, unit keluaran berupa suara.

 

Unit Memori Utama (Main Memory)

Berfungsi sebagai penyimpan informasi yang telah maupun sedang diiolah komputer, data tersebut bisa berupa, file, program dan hasil lainnya.

Unit memori utama terdapat 2 jenis pada komputer, yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). ROM  adalah tempat penyimpanan data yang hanya ditulis sekali saja dan hanya dapat dibaca. Sedangkan RAM, memiliki tugas yang lebih berat dari rom. RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pemrosesan yang bekerja secara terus menerus yang datanya akan berubah-ubah sesuai dengan pemrosesan inti komputer dan akan berhenti jika komputer dimatikan.

Contoh Perangkat:

HDD dan SSD, flasdisk, CD dan perangkat penyimpanan lainnya.

 

Unit Pemrosesan Pusat (Central Processing Unit)

Bagian ini merupakan inti dari komputer yang disebut sebagai CPU. CPU berfungsi untuk mengolah semua data yang di in-put lalu akan mentransmisikannya melalui perangkat out put.

Pada cpu terdapat dua bagian utama yang dinamakan Control Unit  dan Arithmetic and Logical Unit (ALU) yang memiliki fungsi sebegai berikut: Control Unit sebagai bagian yang bertanggung jawab mengkoordinasi semua aktivitas unit lainnya, serta mentransfer perintah dari unit masukan ke ALU, sedangkan Alu berkerja untuk memproses semua data tersebut melalui prose aritmatik dan perbandingan.

Contoh Perangkat:

CPU (processor )

 

Penutup

4 Komponen dasar pada sistem komputer digolongkan melalui fungsinya masing-masing yang memilliki alur, dari Input, Pemrosesan pusat sampau ke Out-put. Untuk menjalankan sistemnya tersebut di butuhkan beberapa komponen, seperti keyboard untuk proses in-pu, Pemrosesan pusat berupa Processor, memonri pemyimpanan untuk menyimpan data dan Out-put melalui monitor untuk menampilkan hasil olahan yang berupa gambar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *