4 Cara Menghapus Virus di Komputer Windows

Diposting pada

Virus, merupakan ancaman yang nyata bagi pengguna komputer, khususnya yang menggunakan Sistem Operasi Windows. Diakrenakan banyaknya pengguna, hal tersebut memancing pembuat virus komputer untuk menyebarkan virus secara masih kepada pengguna windows.

Pada tahun 2019, khusus untuk wilayah indonesia, Kaspersky memperkirakan setidaknya ada sekitar 100 juta kejadian infeksi virus pada komputer yang menggunakan layanan Kaspersky di indonesia.

Hanya dengan melihat data diatas, tentu akan membuat kita semakin was-was dan sesering mungkin mengecek kesehatan komputer dari virus serta menghapusnya jika komputer telah terinfeksi dari virus.

Untuk menghapus virus dari komputer setidaknya ada 4 cara yang bisa kalian lakukan, seperti dibawah ini:

 

1. Gunakan Command Prompt

Command Prompt (CMD) memiliki banyak kegunaan di Windows, selain bisa mengejek jaringan, CMD juga bisa digunakan sebagai alat untuk mencari software yang dikiranya dapat membahayan komputer kalian.

Silahkan buka CMD dengan cara, ketikan CMD pada kolom pencarian dan Run as Adminitrator

Gunakan Command Prompt

Lalu CMD akan terbuka, ketikan dir D: attrib -s -h /s /d dan tekan enter. kode tersebut digunakan mengeksplorasi data yang ada pada Local Disk D, Jika ingin merubahnya pada partisipasi lain silahkan ganti huruf D sesuai nama Local Disk yang ingin kalian eksplorasi.

Setelah itu silahkan cari file yang extensi .exe. dengan cara tekan pada keyboard Ctrl+f dan masukan .exe pada kolom yang tersedia. Cari file yang nama file yang sebelumnya, belum pernah kalian instal lalu menghapusnya melalui CMD

Jika tidak dapat menghapusnya, kalian bisa menggunakan Regedit sebagai alternatif, dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find dan masukan nama file yang belum pernah di instal sebelumnya dan hapus semua registry yang ada termaksud di dala folder.

Gunakan Command Prompt

 

2. Melalui Task Manager

Melalui aplikasi task manager, kalian bisa melihat semua aplikasi yang sedang berjalan, termaksud yang tidak memperlihatkan aplikasinya secara langsung (background processes).

Silahkan buka task manager, Ketikan Task Manager pada kolom pencarian, lihat semua aplikasi yang sedang berjalan pada tab Processes, Details dan Service. Silahkan lihat aplikasi mana saja yang seharusnya tidak berada pada perangkat windows kamu, lalu menghapusnya seperti pada langkah pertama.

Melalui Task Manager

 

3. Gunakan Antivirus

Selain menghapus virus, pengguanaan antivirus bisa menjadi tameng virus komputer anda untuk masa mendatang. Antivirus dibekali fitur untuk menghalau virus yang mencoba meninfeksi komputer.

Ada banyak sekali Aplikasi antivirus yang bisa kalian pakai, contohnya seperti: Norton, Avast, Kaspersky Anti-Virus dan lain sebagainnya. Masing-masing antivirus tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk menghapus Virus via Antivirus, silahkan instal salah satu aplikasi antivirus yang sudah debutkan diatas, atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi antivirus lainnya.

Selesai menginstal, buka antivirus dan jalankan Scanning pada komputer menggunakan antivirus yang sudah di instal sebelumnya.

 

4. Instal Ulang

Instal ulang windows merupakan cara terakhir yang bisa kalian lakukan, jika virus yang menginfeksi komputer kalian sudah sangat parah. Contohnya virus sudah mengambil alih komputer dengan status usernya sudah sebagai administrator dan kalian diturunkan hanya sebagai user biasa.

Walaupun begitu, kalian masih bisa menyelamatkan data yang tersimpan selain di Local Disk C. Namun, berbeda halnya jika virus yang meninfeksi sudah menanamkan salinannya pada partisipasi Disk yang lain.

Untuk itu baiknya kalian membackup secara teratur data-data penting di komputer agar menghindari kemungkinan tersebut.

Penutup

Jika menemukan virus yang menginfeksi komputer kalian, ada baiknya secara cepat untuk menghapusnya. Untuk mengatasi berbagai efek yang bisa ditimbulkan pada komputer.

Selain itu, ada baiknya memasang perlindungan tambahan. Seperti antivirus yang mampu mengahalau  masuknya virus ke komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *