3 Langkah Utama Konfigurasi VPS untuk Instal Blog

3 Langkah Utama Konfigurasi VPS untuk Instal Blog

Diposting pada

3 Langkah Utama Konfigurasi VPS untuk Instal Blog WordPress – VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah teknologi komputer yang memungkinkan untuk membagi komputer yang mempunyai kapasitas besar menjadi beberapa mesin virtual, selain itu, mesin virtual bisa berjalan secara mandiri dengan konfigurasi sistem operasi yang ditentukan dan melalui proses yang cepat.

Dengan kemudahannya diatas, VPS sering digunakan sebagai mesin komputer pada web dan blog, dikarenakan biaya yang dibutuhkan lebih kecil dibandingkan jenis yang lainnya.

Sayangnya, walaupun cukup murah, penggunaannya cukup ribet bagi pemula yang pertamakali menggunakannya, dikarenakan sudah terbiasa menggunakan layanan hosting yang tidak perlu mengkonfigurasi maupun instal aplikasi tertentu langsung kedalam server.

Catatan

Sebelum ke topik utama pembahasan, ada beberapa situasi serta dan tujuan utama pembahasab artikel ini, sebagai berikut:

  1. Membahas Point Utama

    Pada artikel ini, saya hanya akan membahas point-point utama yang harus dilakukan sebagai pengguna baru server vps, Tidak membahas secara mendalam ataupun tutorial penginstalan.

 

  1. Pindah dari Hosting ke VPS

    Kondisi pengguna diasumsikan berawal dari hosting ke vps, jadi, artikel tidak membahas untuk penyetelan dns ataupun record yang lain dikarenakan hal tersebut sudah diterapkan sebelumnya pada saat menggunakan server hosting.

 

3 Langkah Utama Konfigurasi VPS untuk Instal Blog WordPress

Tidak seperti hosting yang langsung bisa menginstal blog kedalamnya, vps memerlukan kerja dari awal, untuk itu setidaknya diperlukan waktu yang lebih banyak untuk konfigurasinya serta menginstal beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

Tempat Beli VPS Rekomendasi

  1. DigitalOcean

    Digitalocean adalah penyedia layanan cloud yang bebasis di New York, Amerika Serikat. Memiliki 6 datacenter, salah satunya berlokasi di singapura, yang akan sangat cocok untuk blog dengan target pengunjung yang berasal dari indonesia, dikarenakan jarak antara indonesia dan singapura tidak terlalu jauh, hal tersebut bisa mengecilkan latency jaringan yang mempunyai dampak baik untuk loading web.

    Digitalocen menyediakan produk VPS dan Datacenter yang semuanya sudah berbasis cloud, sedangkan untuk harga termurah mulai dari $5 sampai tak terbatas.

  2. Vultr

    Vultr, jika dilihat sekilas hampir sama seperti digitalocean, hanya saja vultr memiliki datacenter yang lebih banyak dengan 16 lokasi, semua itu tersebar dari amerika sampai ke australia.

    Vultr memiliki spesifikasi server yang sama seperti digitalocean dengan 100% SSD dan menggunakan teknologi cloud, sedangkan untuk harga, anda bisa mendapatkan harga termurah mulai dari $5. Tapi kalian bisa mendapat bonus saldo sebesar $50 untuk 1 bulan dengan deposit $10 untuk akun baru.

  3. Niagahoster

    Salah satu penyedia server hosting yang paling populer di indonesia, dengan berbagai spesifikasi server yang dimilikinya serta harga yang bervariasi.

    Niagahoster menggunakan teknologi cloud dengan storage ssd. Hanya saja seperti penyedia server di indonesia kebanyakan, untuk harga lumayan mahal jika dibadingkan 2 penyedia diatas dengan harga termurah untuk vps Rp 100.000

Dalam pemilihan vps, usahakan memilih yang memiliki team support yang baik, sehingga ketika kalian mendapatkan masalah, team support bisa membantu anda. Untuk itu, sebelum membeli ada baiknya menghubungi team support untuk menanyakan bagaimana support yang bisa kalian dapat.

 

Memilih Control Panel Hositng

Control panel hosting adalah aplikasi yang mengatur service web pada hosting dengan sistem antar muka yang bisa memudahkan dalam konfigurasi web tanpa harus menggunakan perintah linux dalam setiap perintahnya.

Selain itu, control panel hosting sudah menyediakan hampir semua kebutuhan untuk pembuatan server, tentu berdasarkan spesifikasi yang dimilikinya.

Bagi pemula, Control panel hosting sangat dibutuhkan, apalagi kalau tidak mengerti sama sekali perintah linux yang dijamin akan membuat kalian benar-benar pusing untuk menuliskannya, dengan control panel kalian bisa mengaturnya dengan sistem antar muka yang friendly. Tentu akan mempermudah bagi kalian yang baru pertamakali mencoba vps.

Control Panel Rekomendasi Untuk VPS

  1. Cyberpanel

    Cyberpanel adalah control panel yang berbasis openlitespeed web server yang bisa kalian gunakan secara gratis.

    Dikarenakan kemudahannya serta kaya akan fitur, termaksud plugin php yang lengkap. Cyberpanel menjadi salah satu panel yang populer digunakan untuk para webmaster saat ini.

    Disi lain, panel cyberpanel sangat direkomendaikan bagi para pemula, dikarenakan kemudahan dalam pengistalannya hanya dengan 1 perintah pada server linux.

  2. Vestacp

    Salah satu control panel hosting yang populer sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2012. Vestacp terkenal akan kelebihannya, yaitu lebih ringan dibandingkan panel lainnya.

    Namun, untuk versi gratis vestacp tidak mendukung file manager sehingga mengharuskan mengupload file website melalui ftp ataupun melalui perintah linux pada aplikasi putty.

  3. Webuzo

    Webuzo memiliki 2 versi, yaitu versi gratis dan berbayar, untuk versi gratis webuzo membatasi pengguna dengan penggnaan skrip maksimal sebanyak 52, sedangkan versi berbayar bisa kalian dapatkan dengan membayar $2.5 perbulannya.

 

Dikarenakan masih awam, ada baiknya memilih control panel yang sudah memiliki review yang baik ataupun ketersediaan tutorial yang cukup lengkap agar memudahkan dalam penggunaannya, rekomendasi ada baiknya menggunakan control panel Cyberpanel

 

Pemilihan Distro Linux

Didalam sistem operasi linux terdapat beberapa distro yang bisa digunakan saat ini, seperti, Centos, Ubuntu, Fendora, dan banyak lainnya.

Sedangkan untuk pemilihan Distro linux, semua itu tergantu dari Control Panel yang akan kalian gunakan, karena pada umumnya control panel hanya mendukung untuk beberapa distro saja, dan juga perhatikan untuk pemilihan versi pada setiap distro linux.

Yup hanya itu, sebenarnya sangat simple, perbedaan utama antara server hosting dan vps hanya pada penginstalan control panel. Jadi hal utama yang harus anda pelajari hanya pada penginstalan dan penggunaan control panel yang anda akan pakai di vps.

 

Penutup

Biasanya pengguna hosting akan kebingungan ketika pertama kali mengimigrasikan webnya dari hosting ke vps, hal tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit dikarenakan anda hanya perlu menginstal control panel di vps, selanjutnya anda bisa mengkofigurasi semuanya seeperti yang kalian lakukan pada server hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *