3 Contoh Jaringan Komputer Beserta Gambar

Diposting pada

Komputer pada saat ini sudah menjadi bagian yang susah dilepaskan dari kehidupan sekarang ini. Dengan semakin lekatnya komputer pada manusia maka perlunya pengelolaan dan transfer data yang baik dari komputer satu ke komputer lainnya.

Secara simplenya diperlukannya untuk menghubungkan antar komputer agar memudahkan user saat mengirim atau menerima data yang bisa berupa data, video, teks, suara maupun segala jenis file yang ada di dalam komputer.

Dengan terhubungnya suatu komputer ke komputer lain hal ini mempemudah dalam hal pekerjaan maupun proses belajar mengajar yang memerluka file sharing pada setiap aktivitasnya.

Secara gampang, sistem jaringan komputer yang bisa kalian temui adalah wanet biasanya ini digunakan untuk menghubungkan komputer billing dengan komputer user.

Lalu, apa saja jenis jaringan tersebut?

Suatu jaringan komputer dihubungkan melalui 2 media, yaitu: Kabel dan Wireless

Untuk dan untuk berdasarkan arenya sebuah jaringan komputer dibedakan menjadi 3 bagian, Yaitu: LAN, MAN dan WAN

 

LAN (Local Area Network)

Dalam penggunaannya, LAN memiliki area Cover yang kecil dibandingkan yang lainnya. Jangkauannya hanya berkisar 5 Meter dengan kecepatan transfer data sebesar 2 hingga 10 MB per detik.

LAN memiliki 2 macam tipe, yaitu: Peer to peer dan Jaringan Client atau Server. Peer to peer memiliki fungsi dimana semua device (komputer) yang tergabung didalamnya memiliki 2 fungsi bisa menjadi Server dan Client.

Contoh: Penggunaan pada area yang terbatas seperti Sekolah, Kampus ataupun perkantoran dengan media penghubung kabel

 

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN

MAN memiliki fungsi dan penggunaan hampir sama seperti LAN. Perbedaannya MAN memiliki area yang lebih luat berkisar 10 – 50 KM. Jaringan MAN menggunakan LAN yang susun agar memiliki jangkauan yang lebih luar dari pada LAN.

Contoh: Cocok digunakan pada kantor-kantor pemerintahan yang letaknya masih 1 kota.

 

WAN (Wide Area Network)

Memiliki jangkauan yang sangat luas bisa antar pulau maupun benua. Karna memiliki jangkauan yang sangat luas WAN memerlukan perangkat lunak maupun perangkat kerang khusus serta sistem yang kompleks dan biaya yang mahal dalam penerapannya.

Karna memiliki cakupan yang luas. WAN memerlukan jaringan Wireless atau Nirkabel untuk penerapannya.

 

Kesimpulan

Setiap jenis jaringan komputer diatas pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dan secara garis besar hanya dibedakan pada area cakupanya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *