3 Cara Menghilangkan Virus Boot Sector di Windows

3 Cara Menghilangkan Virus Boot Sector di Windows

Diposting pada

Untuk menghapus atau menghilangkan virus boot sector akan membutuhkan waktu yang lama dan teknik yang sangat berbeda dibandingkan dengan menghapus virus jenis malware ataupun jenis lainnya. Ini dikarenakan virus boot sector sudah masuk ke bagian terdalam hardisk, yang dinamakan boot sector.

Dalam sebuah hardisk dibagi menjadi beberapa bagian, salah satunya boot sector, pada bagian tersebut terdapat komponen penting yang bernama Master Boot Record (MBR), yang berfungsi membaca semua lokasi partisipasi hardisk, sehingga akan berdampak pada bios. Yang di himpun melalui situs kaspersky.

Dengan begitu bios tidak akan bisa melakukan booting pada device yang dipilih, yang membuat korban tidak bisa masuk kedalam sistem operasi komputer (windows), lebih parahnya lagi bios tidak bisa terbuka.

Bagaimana Cara Virus Boot Sector Menginfeksi Komputer

Virus ini bisanya terdapat pada software bajakan, yang secara ilegal software di modifikasi untuk menanam virus oleh para pelaku. Kemudian, para korban akan meningtal software bajakan yang secara otomatis akan meninfeksi bios ketika komputer direstar atau dimatikan.

 

Bagaimana cara Menghilangkan Virus Boot Sector

Dikarenakan virus sudah sangat menginfeksi komputer, maka diharuskan untuk menghapus semua file ataupun folder (format) hdd yang dicurigai telah terinfeksi. Ini akan mengakibatkan hilangnya semua file dalam hdd. Tapi kalian juga bisa mempertahankan file dengan mengubah boot didalam bios, seperti berikut:

 

1. Mengubah Device untuk Booting

Cara ini tidak menghapus atau menghilangkan virus, hanya saja mengubah device boot ke device yang tidak terinfeksi virus sector boot.

Pada cara ini kalian bisa menggunakan hdd external ataupun flasdisk yang sudah terdapat sistem operasi (OS) didalamnya, lalu masuk kebios dan mengubah device bootnya pada device yang sudah disiapkan sebelumnya.

 

 2. Mengganti Hardisk

Karena pada dasarnya virus menginfeksi sebuah storage (hdd atau ssd), maka cukup dengan menggantinya dengan hdd yang lain hal ini sudah bisa teratasi.

Lalu, untuk hdd yang sebelumnya terinfeksi bisa kalian lakukan format untuk menghapus semua file sekaligus firus yang ada didalamnya.

 

3. Instal Ulang

Kurang lebih hampir sama dengan cara pertama dan kedua, menginstal ulang komputer akan menghapus (format) hdd dijakikan sebagai tempat penyimpanan sistem operasi komputer.

Dengan mengformatnya, sekaligus akan menghapus virus yang ada didalamnya.

 

Penutup

Jika diakategorikan dengan virus lainnya, virus boot sector termaksud kedalam level high. Hal tersebut dikarenakan virus sudah benar-benar tertanam pada sistem operasi pc. Dan untuk megatasinya sang korban bisa kehilangan seluruh data ataupun file-file pada penyimpanan storage yang diinfeksinya.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *