2 Cara Mudah Membersihkan File Sampah di PC

2 Cara Mudah Membersihkan File Sampah PC

Diposting pada

Windows merupakan sistem operasi yang sangat kompleks dengan ribuan aplikasi/software yang bisa di instal pada sistem operasinya. Terkadang, Jika suatu aplikasi sudah jarang digunakan pasti akan membersihkan file sampah pc, hal ini dilakukan sebagai penghematan storage komputer ataupun sumber daya lainnya.

Ketika menghapus suatu aplikasi pada komputer, tidak 100% semua file ataupun folder aplikasi akan terhapus, biasanya aplikasi hanya akan menghapus folder-folder yang kelihatan saja yang terletak di folder program files pada  local disk C.

Masih ada beberapa folder maupun file yang belum terhapus, file tersebut bisa berupa file registry ataupun cahce yang masih tertinggal, biasanya letak file tersebut berada jauh di dalam sistem komputer, yang terkadang membuat user kesusahan untuk menghapusnya.

Bukan hanya aplikasi saya, ternyata windows sendiri banyak menyimpan file “sampahnya” pada beberapa folder yang dikhususkan, file-file tersebut terkadang berukuran sangat besar, bisa mencapai 5-6 GB, dikarenakan pada saat melakukan update windows terkadang menyimpan file lamanya beserta cookies dan cahcenya.

Keuntungan Membersihkan File Sampah PC

Menghapus file ataupun folder yang tidak terpakai pada komputer windows bisa membuat komputer kalian menjadi lebih baik, seperti contoh dibawah ini:

  1. Menambah Memori Penyimpanan

    Pasti saat kalian terdesak untuk menghapus file “sampah” tersebut dikarenakan pemyimnan yang sudah penuh di komputer atau laptopnya.
    Dengan menghapus file sampah tersebut yang ukurannya bisa sangat besar (bisa sampai 10 GB) tentu akan sangat membuat ruang penyimpanan komputer anda terlihat lega kembali dengan warna “biru” pada local disk kalian.

  2. Meningkatkan Performa Komputer

    File-file sampah yang ada di komputer windows kalian, walaupun sudah tidak terpakai, ternyata aplikasi atau file tersebut terkadang masih menggunakan beberapa sumber daya komputer, semakin banyak sumber daya yang dipakai tentu akan menambah beban komputer.

Dengan menghapus file yang tidak dibutuhkan lagi tersebut tentu akan meringankan kerja komputer sehingga komputer bisa secara maksimal menggunakan sumber dayanya pada program-program yang kalian gunakan dan juga bisa meringankan kerja antivirus ketika melakukan scanning untuk mencari virus di komputer.

2 Cara Membersihkan File Sampah di PC

Teknik atau cara pembersihan file sampah pada pc, bisa dilakukan dengan golongkan dengan dua cara, yaitu: tanpa aplikasi (software) dan Melalui aplikasi. Penggunaan ke-2 cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seperti cara berikut:

 

1. Membersihkan Folder Temp

Seperti namanya, Temp atau Temporarily, kalau dibahasakan ke indonesia berarti sementara. Pada windows, folder ini dikhususnya untuk menyimpan folder ataupun file-file yang bersifat sementara.

Walaupun hanya bersifat sementara, semua data didalamnya tidak semua akan dihapus windows. Maka dari itu, kita, sebagai user perlu megnhapusnya secara manua, seperti seperti dibawah ini.

  1. Buka aplikasi Run, Atau tekan tombol Windows+R pada keyboard.
  2. Lalu, ketik Temp dan tekan enter atau ok, Akan muncul jendela baru yang berisi folder Tempt.

    Membersihkan Folder Temp

  3. Silahkan hapus semua folder dan file pada, folder temp (bukan folder tempnya yang dihapus ya.

    Membersihkan Folder Temp

Pada windows terdapat 2 folder temp, folder temp pada tutorial diatas adalah folder temp pada windwos, selanjut folder temp yang ke-2, yang merupakan temp pada user pc, berikut caranya

  1. Silahkan buka aplikasi Run, Seperti cara pertama.
  2. Lalu, ketik %Temp%. dan klik ok
  3. Dan hapus semua file dan folder yang ada didalam folder temp

 

2. Melalui Disk Cleanup

Pada dasarnya windows secara deafult sudah menyiapkan fitur khusus untuk menghapus file-file sampah pada windows, fitur tersebut bernama Disk Cleanup. Difungsikan untuk menghapus hampir semua jenis file “sampah” pada windows dan sangat efektif.

Jujur, menurut saya fitur yang ada di disk cleanup sudah sangat power full, dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan tugas tersebut.

Untuk cara penggunannya, sebagai berikut:

  1. Silakan pilih salah satu Local Disk yang akan di clean, Dalam contoh di bawah saya memilih Local Disk C:
  2. Klik kanan pada Local Disk > Properties. akan muncul jendela baru.

    Membersihkan File Sampah PC Melalui Disk Cleanup

  3. Klik Disk Cleanup

    Membersihkan File Sampah pc dengan Disk Cleanup

  4. Pilih, Opsi mana saja yang akan dihapus, Lalu klik OK
    Membersihkan File Sampah PC Melalui Disk Cleanup

 

Penutup

Pembershikan file yang tidak terpakai atau file sampah di windows, pada dasarnya bisa dilakukan secara mudah, hal tersebut dikarenakan sudah tersedianya fitur secara deault yang sudah disediakan windows sejak lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *