2 Cara Membesarkan Layar Monitor Komputer / Laptop

2 Cara Memperbesar Layar Monitor Komputer / Laptop

Diposting pada

Terkadang saat sedang mengoperasikan komputer dan membuka aplikasi di dalamnya, terdapat beberapa font, karakter ataupun gambar yang yang terlalu kecil, sehingga, membuatnya terlihat kurang jelas. Karna itu, diperlukannya aplikasi yang memili fungsi untuk meng-zoom ataupun memperbesar layar komputer agar semua itu bisa terlihat.

Secara default. Microsoft, sebagai perusahaan pembuat windows, menanamkan fungsi zoom secara default pada sistem operasi windows. 2 fungsi tersebut bisa diaktifkan melalui 2 cara dengan fitur yang dimiliki masing-masing.

Untuk Mengaktifkan Fitur Zoom/Memperbesar layar komputer, berikut tutorialnya:

 

1. Melaui Ctrl+Mouse

Pada cara ini kalian bisa menggunakan hardware komputer/laptop, yaitu keyboard dan mouse.

  1. Klik tombol Ctrl pada keyboard, kemudian tahan. Lalu, gunakan scroll mouse untuk memperbesar dan memperkecil layar.
  2. Untuk mengembalikan layar komputer seperti biasa, silahkan tekan Ctrl+0 secara bersamaan. Maka, tampilan komputer kalian akan kembali normal seperti biasa.

Sayangnya, pada cara diatas Penggunaannya kurang efektif, dikarenakan, user tidak bisa mengontol area mana saja yang bisa di zoom. Selain itu, pada bagian tertentu, hasil zoom yang dihasilkan kurang bagus, dimana beberapa icon terlihat pecah seperti pengurangan resolusi layar.

Untuk mengatasi kekurangan diatas, bisa menggunakan pada cara yang ke-2

 

2. Zoom/Memperbesar Layar Melalui Aplikasi Magnifier

Mafnifier adalah aplikasi default pada windows, memiliki tampilan yang simple dan mudah dimengerti. Ini dikarenakan user UI-nya tidak banyak tombol, hanya memiliki 2 tombol utama yaitu – (min) dan + (plus). Yang masing-masing memiliki fungsi zoom out dan zoom in.

Untuk menggunakan magnifier, berikut tutorialnya

  1. Silahkan buka aplikasi magnifier dengan mengetik Magnifier pada kolom pencarian windows. Kemudian, klik aplikasi untuk membukanyaZoom/Memperbesar Layar Melalui Aplikasi Magnifier
  2. Setelah terbuka, Silahkan klik tanda Untuk mempercil layar dan + untuk memperbesarZoom/Memperbesar Layar Melalui Aplikasi Magnifier

    Ini kelebihan magnifier dibandinkan metode pertama, Setelah layar dibesarkan, tampilan layar akan mengikuti kursor mouse. Untuk memindahkan area tampilan layar, cukup dengan menggeser mouse.

Disi lain, magnifier memiliki 3 tipe pembesaran layar, silahkan klik Views untuk membukanya. Pada area tersebut terdapat 3 tipe, yaitu: Full Screen, Lens dan Docked yang memiliki fungsi masing-masing sebagai berikut,
Zoom/Memperbesar Layar Melalui Aplikasi Magnifier

  1. Full Screen : Akan membesarkan semua area layar komputer, dengan kursor mouse seabgai kontrol bidang yang terlihat.
  2. Lens : Melakukan zoom pada area tertentu disekitar mouse dengan bentuk kota memanjang.
  3. Docked : akan membagi 2 layar, menjadi atas dan bawah. Pada bagian atas akan ditampilkan hasil dari zooming, dan bagian bawah menentukan area yang kan di zooming dengan bantuan cursor mouse.

 

Penutup

Zooming atau memperbesar layar komputer bisa dilakukan tanpa perlu aplikasi tambahan, karna secara default windows sudah menanamkan fungsi tersebut di dalam sistem operasinya.

Dengan menggunakan fitur default tersebut, user bisa melakukan berbagai macam cara zooming, khusunya pada aplikasi magnifier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *